5 Outfit Siti Nurbaya Bakar dari Gamis hingga Daster

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Siti Nurbaya tiba di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019. Siti Nurbaya adalah orang kelima yang menemui Presiden Jokowi pada hari ini. TEMPO/Subekti.

Siti Nurbaya tiba di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019. Siti Nurbaya adalah orang kelima yang menemui Presiden Jokowi pada hari ini. TEMPO/Subekti.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tiga hari setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2019-2024, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan susunan menteri dan wakil menteri yang membantunya selama lima tahun ke depan. Dari 34 nama dalam Kabinet Indonesia Maju ada beberapa nama menteri lama yang ditunjuk kembali, seperti Siti Nurbaya Bakar.

Ia tetap melanjutkan tugasnya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di kabinet Jokowi Jilid II. "Saya udah minta ijin bapak, karena pers suka menanyakan, saya sebutkan ya, saya akan melanjutkan tugas-tugas yang belum selesai terkait lingkungan hidup," ujar Siti Nurbaya Bakar di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 22 Oktober 2019.

Selain berjibaku dengan masalah lingkungan hidup dan kehutanan yang luas di Indonesia, sosok Siti Nurbaya punya ciri khas di antara delapan srikandi yang membantu Jokowi di periode pertama. Ia terlihat sering mengenakan hem batik, kemeja putih hingga kemeja bermotif lainnya yang dipadu dengan celana panjang hitam dan alas kaki sepatu kasual atau pantofel.

Sementara di beberapa kesempatan lain, saat menjadi wakil Indonesia saat mengunjungi sejumlah negara sahabat hingga forum internasional seperti G-20, ia memilih gaya setelan jas lengkap dengan dasi dan vest.

Namun, ada saatnya ia pula memakai outfit yang kental nuansa feminin seperti kebaya. Saat perayaan 17 Agustus 2019 dan Hari Kartini, ibu dua anak ini bersolek dengan kebaya, kain, dan sanggul besar.

Selain kebaya, ia juga terlihat beberapa kali mengenakan ragam fashion seperti bomber jacket, blus, gamis hingga jaket kulit mengulik unggahan di akun Instagram ia. Penasaran seperti apa?

Yuk, kita intip bersama fashion perempuan 63 tahun ini dari unggahan di akun Instagram ia.

1. Blus biru

Siti Nurbaya Bakar. (Instagram@siti.nurbayabakar)

Unggahan pada Juli 2019 ini merupakan momen Siti Nurbaya Bakar menghadiri acara resepsi cucu ibu kosnya selama kuliah. Ia menuliskan di keterangan foto, “Senang sekali bisa bertemu lagi dengan ibu kos saya dulu sewaktu kuliah, Ibu Rubini Atmawidjaya, baru-baru ini.”

Dalam unggahan penuh keakraban ini, Siti terlihat memakai blus biru bermotif bunga dengan aksen hem dilengkapi bros bunga di bagian atas. Ia juga terlihat memakai lipstik warna merah tua dan anting kecil di balik rambut bob andalan Siti. Di bagian kiri nampak ia mengenakan selendang bermotif batik.

2. Gamis hitam bermotif

Siti Nurbaya Bakar. (Instagram@siti.nurbayabakar)

Di momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Siti Nurbaya Bakar memakai gamis hitam bermotif. Gamis ini memiliki desain layering di bagian depan. Saat berfoto dengan anak dan cucunya usai melaksanakan salat Ied, ia juga terlihat memakai selendang hitam sembari membawa buku keagamaan.

3. Daster monokrom motif bunga-bunga

Siti Nurbaya Bakar. (Instagram@siti.nurbayabakar)

Selain kebaya, daster termasuk outfit langka yang bisa kita saksikan dari sosok Siti Nurbaya Bakar. Saat perayaan Hari Ibu 22 Desember 2018, ia terlihat mendapatkan kejutan dari cucu-cucunya. Ia menuliskan di keterangan foto, “Saya mendapat surprise bunga-bunga cantik ini dari para cucu tersayang Addeva, Shane, dan Azsyifa saat Hari Ibu.”

Dalam suasana santai, ia terlihat memakai daster lengan pendek bermotif bunga-bunga. Daster ini juga memadukan daster monokrom, hitam dan putih. Di foto ini, ia terlihat tidak mengenakan kacamata yang menjadi aksesori wajibnya saat bekerja.

4. Jaket kulit hitam

Siti Nurbaya Bakar. (Instagram@siti.nurbayabakar)

Saat sedang membaca buku di perpustakaan, Siti Nurbaya Bakar tampil maskulin dengan sentuhan jaket kulit hitam. Di dalam jaket, ia nampak mengenakan kaus biru bermotif. Untuk bawahannya, ia mengenakan celana biru tua. Terlihat pula ia memakai tas selempang atau crossbody bag.

5. Bomber jacket

Siti Nurbaya Bakar. (Instagram@siti.nurbayabakar)

Saat berpose di atas kuda, Siti Nurbaya Bakar mengungkakan bahwa dengan berkuda menjadi terapi menenangkan diri dan mencari inspirasi berpikir. Dalam unggahan ini, ia nampak mengenakan kaus hitam dipadu bawahan celana skinny jeans warna biru. Selain itu, ia memakai bomber jacket warna merah tua. Ia terlihat tersenyum saat berfoto.

DEWI NURITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."