Jus Lemon Kaya Nutrisi, Baik untuk Kulit dan Ginjal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi jus lemon. boldsky.com

Ilustrasi jus lemon. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Khasiat air lemon tak diragukan lagi. Bahkan beberapa selebriti Hollywood seperti Gisele Bundchen, Lauren Conrad dan Miranda Kerr merasakan manfaat air lemon. Selain itu ada alasan ilmiah air lemon dapat menjadi bagian dari rutinitas Anda.

Ahli gizi Lauren Slayton mengatakan ada beberapa manfaat air lemon untuk kesehatan. "Saya orang pertama yang menepis rumor ketika itu menyangkut tentang nutrisi, tapi seperti banyak rumor tentang air lemon ada beberapa manfaat tertentu di dalamnya,” ujar Slayton seperti dilansir dari laman Women’s Health.

Air lemon yang dimaksud bukan infused water dari lemon tapi jus lemon. "Ketika kita membahas manfaat air lemon, saya merujuk pada jus, ½ atau lebih dari lemon dalam air," kata Slayton yang mencatat bahwa lemon organik harus jadi pilihan Anda. "Kami ingin air lemon dan bukan air pestisida, terutama jika Anda membiarkan lemon mengapung di air."

Tapi meski air lemon aman dikonsumsi, Anda juga harus minum banyak air putih. Menurut American Dental Association, karena asam dalam lemon dan jeruk lainnya dapat mengikis enamel gigi dari waktu ke waktu.

Berikut ini beberapa manfaat minum air lemon

1. Kaya nutrisi yang baik untuk Anda

Seperti antioksidan dan flavonoid yang dapat melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan membantu mengurangi peradangan. "Banyak dari senyawa ini ditemukan dalam kulitnya, jadi Anda ingin menggunakan sedikit semangat dalam air lemon itu," kata Slayton. Vitamin C, khususnya, adalah antioksidan kuat, dan meskipun tidak satu ton dalam jus setengah lemon, air lemon menambah asupan Anda.

2. Mengendalikan keinginan makanan manis

Air lemon asam dan kulitnya pahit. "Makanan pahit adalah salah satu alat untuk mengendalikan hasrat manis," kata Slayton. Memang, penelitian ini dilakukan pada lalat buah, tetapi tidak ada kerugian untuk mencobanya sendiri, terutama jika Anda suka rasanya.

3. Cegah dehidrasi

Menurut laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, hampir 44 persen wanita minum kurang dari 4 gelas sehari. Sementara berapa banyak yang Anda butuhkan tergantung pada banyak hal seperti seberapa panas dan seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan. Menurut CDC, Anda bisa mendapatkan cairan melalui makanan berair dan minuman lain, tetapi pilihan rendah gula seperti air lemon adalah langkah yang cerdas. "Merehidrasi hal pertama di pagi hari setelah tidur adalah kebiasaan yang baik," kata Slayton.

4. Baik untuk ginjal

Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, air lemon adalah teman Anda. Kristal yang sangat menyakitkan ini terbentuk di ginjal ketika zat (kalsium, asam urat, dan oksalat) terkonsentrasi, dan minum air lemon (dengan jus dua lemon per hari) dapat membantu mencegah batu terbentuk di tempat pertama.

5. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Sementara jumlah Vitamin C dalam lemon saja tidak akan membuat Anda awet muda dan bebas noda, antioksidan itu melindungi dari efek sinar matahari, dan dengan demikian dapat membantu mencegah keriput dan perubahan warna. Itu juga terlibat dalam sintesis kolagen — kolagen adalah protein di kulit Anda yang membuatnya tetap kenyal.

6. Mengontrol gula darah

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dalam pengaturan laboratorium, jus lemon memperlambat pencernaan pati, yang mengarah pada pemikiran bahwa mungkin ia melakukan hal yang sama pada orang nyata dalam kehidupan nyata. Ini berpotensi menumpulkan respons gula darah, sehingga kecil kemungkinan Anda akan menyimpan kelebihan gula dalam darah Anda sebagai lemak (studi tentang tikus ini membuktikan hal itu, dan tidak, kami bukan hanya tikus raksasa, tetapi karena air lemon menang ' Tidak menyakiti Anda, tidak ada salahnya mencoba.) Selain itu, "Semakin banyak gula darah kita dikontrol, semakin baik dan semakin stabil energi kita," kata Slayton.

7. Mengatasi sembelit

Slayton merekomendasikan Anda menggunakan air lemon hangat jika ini adalah masalah utama Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."