Tips Pilih Apel Manis dan Segar, Cek Gradasi Warnanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi apel. Unsplash.com/Matheus Cenali

Ilustrasi apel. Unsplash.com/Matheus Cenali

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Buah apel dikenal sebagai salah satu camilan sehat favorit di Amerika Serikat. Produk apel yang dikenal dari Amerika Serikat adalah apel Washington. Buah berbentuk hati dengan variasi warna merah cerah gradasi atau bold. Teksturnya pun juga renyah disertai rasa manis.

Tahukah Anda jika para Petani apel Washington telah memproduksi apel terbaik di dunia Red Delicious sejak tahun 1920-an. Buah Apel dipanen pada September dan Oktober dan tersedia sepanjang tahun.

Selain sedikit mengulik produksi apel Washington, President of Washington Apple Commision Todd Fryhover tak pelit berbagi tips memilih cara menyimpan apel saat ditemui Tempo.co pada Kamis 5 Desember 2019.

"Jadi kita bisa melihat apel red delicious hampir semua warnanya sama semua atau seragam, rasanya manis dan berserat. Lalu, ada apel yang warnanya merah bergradasi kuning, kalau itu rasanya manis dan tekstur renyah. Pastikan gradasi warna kuning, bukan hijau" ucap Todd saat ditemui di Jakarta.

President of Washington Apple Commision Todd Fryhover saat ditemui di acara Washington Apple Week di Jakarta, Kamis 5 Desember 2019. TEMPO/ Eka Wahyu Pramita

Apel yang rasanya asam masuk ke jenis Granny Smith yang keseluruhan warnanya hijau dan teksturnya juga terasa keras. "Nah apel ini, cocok untuk bikin kue atau olahan makanan, seperti apple pie, struddle, dan pancake," imbuh Todd.

Lalu bagaimana menyimpan buah apel supaya tetap segar dan enak dikonsumsi? Apel bisa tahan lama, jika disimpan selama 2-3 minggu di dalam kulkas dengan suhu empat derajat. 

Selain itu, Todd berpesan, jangan menyimpan buah apel dengan buah-buahan yang lain di dalam kulkas. Contohnya, jangan disatukan pisang dengan apel. "Karena pisang banyak mengandung gas yang bikin semakin matang, semakin wangi dan gas tersebut bikin apel jadi empuk," pungkas Todd.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."