8 Cara Meredakan Stres, Coba Ikut Yoga dan Mengunyah Permen Karet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita pekerja yang stress. shutterstock.com

Ilustrasi wanita pekerja yang stress. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang mengalami masalah dalam kehidupannya sehingga menyebabkan stres. Mulai dari masalah pekerjaan yang menumpuk, percintaan, atau masalah duniawi lain dapat memenuhi pikiran. Jika sudah begini, Anda mungkin tak tahu mana yang harus dikerjakan sehingga rentan mengabaikan tugas.

Pada titik ini, cara menenangkan pikiran perlu diterapkan. Ada banyak cara menenangkan pikiran, dari yang paling sederhana sampai yang membutuhkan komitmen diri untuk menjalaninya.

Berikut sejumlah cara menenangkan pikiran yang bisa Anda terapkan

1. Melakukan aktivitas yang sedikit kompleks

Melakukan hal yang sedikit kompleks dapat membantu menenangkan pikiran. Kegiatan kompleks bisa dipilih dari aktivitas yang sebelumnya sudah rutin dilakukan, seperti menggambar, berolahraga, atau menulis. Untuk menenangkan pikiran, cobalah menaikan tingkat kesulitan dari hobi yang Anda miliki. Beberapa ide untuk aktivitas tersebut, yaitu membuat sketsa yang lebih rumit, push up dengan target tertentu dengan memasang timer, dan menulis kreatif dengan cepat.

2. Bersosialisasi

Anda dapat mencoba menenangkan pikiran dengan bersosialisasi, seperti hang out di kedai kopi, atau menghadiri undangan pesta rekan Anda. Anda juga bisa mengajak kolega kantor untuk makan siang bersama.

Anda mungkin mengidentifikasi diri sebagai orang introvert yang sulit berinteraksi dengan orang lain. Sebagai solusinya, ajaklah beberapa teman dekat untuk bersosialisasi. Dengan demikian, cara menenangkan pikiran ini menjadi lebih menyenangkan dan tak memberatkan diri Anda.

3. Membantu orang lain

Apabila rutinitas harian mulai membuat pikiran Anda tak tenang, cobalah alihkan perhatian dengan membantu orang lain. Orang yang dibantu dapat dimulai dengan yang paling dekat, termasuk sahabat dan keluarga.

Selain membantu teman dan orang terdekat, Anda juga dapat membantu orang lain di luar lingkar pertemanan. Beberapa ide yang bisa Anda ambil untuk aktivitas sosial, yaitu melakukan bakti sosial di panti jompo, yayasan anak penderita HIV/AIDS atau yayasan anak berkebutuhan khusus.

4. Berolahraga

Anda mungkin sudah sering mendengar tips ini. Namun, berolahraga memang memang menjadi cara menenangkan pikiran yang bisa dilakukan. Para ahli menyebutkan, orang yang rutin berolahraga memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kecemasan dalam pikiran.

Ada beberapa alasan yang membuat olahraga membantu menenangkan pikiran. Pertama, olahraga dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang menjadi hormon stres.

Kedua, olahraga dapat merangsang tubuh melepaskan endorfin, senyawa kimiawi yang membantu memperbaiki mood. Selain itu, olahraga juga memperbaiki kualitas tidur serta meningkatkan kepercayaan diri. Beberapa olahraga yang bisa dipilih yaitu jalan santai, menari, dan jogging.

5. Menggunakan minyak aromaterapi

Aromaterapi adalah terapi penanganan kondisi psikologis dan medis dengan menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri berasal dari berbagai bunga dan tumbuhan. Beberapa jenis minyak atsiri yang digunakan untuk aromaterapi yaitu minyak lavender, minyak mawar, sandalwood, dan minyak geranium.

Aromaterapi menjadi salah satu cara menenangkan pikiran yang populer. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak aromaterapi dapat meringankan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk aplikasinya, Anda dapat memasukkan minyak atsiri ke dalam diffuser yang telah diisi air. Kemudian, biarkan aroma harum minyak atsiri memenuhi ruangan kamar.

6. Mengunyah permen karet

Seiring pertambahan usia, Anda mungkin tak lagi mau mengunyah permen karet. Namun ternyata, mengunyah permen karet merupakan salah cara menenangkan pikiran yang bisa dilakukan. Menurut ahli, orang yang mengunyah permen karet memiliki rasa gembira yang lebih baik serta memiliki risiko yang lebih rendah terhadap stres.

7. Tidak menunda tugas dan pekerjaan

Buatlah daftar prioritas yang harus dikerjakan dan berkomitmen untuk tidak menunda dalam menyelesaikannya. Sebab, menunda pekerjaan atau dikenal dengan “procrastinating” boleh jadi merupakan pemicu stres dan pikiran yang terus bergejolak.

Untuk mengawalinya, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan berdasarkan prioritas. Kemudian, Anda harus menetukan tenggat waktu yang sesuai dan mulailah kerjakan tugas tersebut.

8. Mengikuti kelas yoga

Yoga telah menjadi metode dan cara menenangkan pikiran yang populer. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat memperbaiki mood, yang disebut-sebut sama efektinya dengan obat antidepresan untuk penanganan depresi.

Manfaat yoga untuk ketenangan pikiran ini diyakini berkaitan dengan efeknya terhadap sistem saraf dan respons stres. Kegiatan ini disebut ahli juga dapat menurunkan kadar hormon stres, tekanan darah, dan detak jantung.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."