Karier Go International Seperti Agnez Mo, Butuh Persiapan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Mengenai kolaborasinya dengan artis K-Pop BTS, Agnez Mo menambahkan bahwa musik menjadi pertimbangan utamanya bila ingin melakukan kolaborasi. Instagram/@paulandrew_nyc

Mengenai kolaborasinya dengan artis K-Pop BTS, Agnez Mo menambahkan bahwa musik menjadi pertimbangan utamanya bila ingin melakukan kolaborasi. Instagram/@paulandrew_nyc

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Agnez Mo sempat menjadi perbincangan publik setelah pernyataannya dalam sebuah wawancar mengundang pro dan kontra. Dalam video wawancaranya dengan Kevan Keney dari Youtube Build Series, perempuan berusia 33 tahun ini mengaku bahwa ia tidak memiliki darah Indonesia. 

Ada yang mengatakan Agnez Mo seperti kacang lupa kulitnya, tapi ada juga yang mengatakan bahwa itu adalah fakta. Menurut psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan tak mudah menilai seseorang berdasarkan satu pernyataan saja, tentu ada banyak hal lainnya. 

"Di antaranya bagaimana kepribadian dia, bagaimana value yang ada pada dirinya, bagaimana value atau sikap yang ditanamkan orang orang terdekatnya, dan bagaimana masyarakat memperlakukannya," kata Nuzulia kepada Tempo.co, Kamis 28 November 2019.

Dalam kasus Agnez Mo misalnya, Nuzulia menyarankan sebelum menilai, perlu bertanya dulu, sudahkah kita melihat video secara keseluruhan? Bukan hanya penggalan video. Apalagi hanya melihat status-status media sosial yang berseliweran dari orang lain lalu ikut ikut menilai. Ini artinya penilaian kita impulsif dan subjektif.

"Sudahkah kita juga melihat dari berbagai data pendukung? Contohnya video-video wawancara dia. Bukan hanya dari satu video saja. Apakah ada kata-katanya yang dipengaruhi diksi, kosa kata, tata bahasa? Perlu juga dilihat dari sudut pandang arti bahasa," lanjutnya.

Selalin itu, perlu dilihat juga apakah kesehariannya atau sikapnya sebelumnya menunjukkan hal yang sama atau sebaliknya? Dan perlu dilihat dari berbagai data lainnya. "Memang sebenarnya tidak mudah memberikan penilaian untuk menjadi sebuah kesimpulan yang objektif. Tetapi kita sama-sama perlu belajar untuk itu agar tidak mudah ikut-ikutan arus," kata Nuzulia, menyarankan. 

Nuzulia mengatakan, berkarier go international seperti Agnez Mo memang butuh persiapan mental yang lebih. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memberi makna pada aktivitasnya dan kesuksesannya. "Misalnya, jika orang tersebut memaknai bahwa kesuksesan yang diraihnya pasti ada support atau doa dari orang lain atau masyarakat, tentu dia akan lebih menghargai orang lain dan masa lalunya," ucapnya.

Selain itu, ketika menanggapi pertanyaan sensitif dan berpotensi kontroversial dalam sebuah wawancara, sebaiknya tidak langsung ditanggapi. "Jika terpaksa harus ditanggapi dengan cepat maka sebaiknya dipikirkan dulu pemilihan kata-katanya sehingga tidak menimbulkan salah paham," tandas Nuzulia.  

Sedangkan untuk persiapan mental lainnya adalah siap menghadapi apa pun konsekuensinya yang mungkin tak terduga, juga siap melakukan langkah bijak dalam menetralisasi keadaan.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."