Atur Tekanan Darah dengan 3 Jus Buah Ini

Ilustrasi jeruk dan jus jeruk. Shutterstock

kesehatan

Atur Tekanan Darah dengan 3 Jus Buah Ini

Rabu, 26 Juni 2019 08:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit paling umum, yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Meski hipertensi pada tahap awal, tidak menimbulkan ancaman serius jika tidak ditangani tepat waktu, dapat menyebabkan masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke jantung.

Baca juga: Tekanan Darah Anak Tinggi saat Diperiksa, Mungkin Ini Sebabnya

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi perlu mengikuti diet yang sehat dan konsumsi makanan yang dapat menekan hipertensi. Bahkan, ada banyak pilihan jus buah yang dapat membantu mengatur level tekanan darah seperti dilansir dari laman NDTV berikut ini.

#1. Jus jerukJus yang menyegarkan ini dibuat menggunakan buah yang kaya Vitamin C, yaitu jeruk. Selain itu, jus jeruk juga mengandung kalium dan folat yang membantu menjaga tingkat tekanan darah rendah. Jus jeruk dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menjaga kesehatan jantung.

#2. Jus delimaJus delima memiliki kandungan vitamin esensial dan kalium yang membantu memperlancar sirkulasi darah. Jus delima juga dikenal dapat melawan dan menghilangkan ACE (angiotensin converting enzyme) atau enzim yang mengeraskan pembuluh darah, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

#3. Jus cranberryCranberry adalah buah yang memiliki banyak nutrisi. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi menjadikannya jus buah yang baik untuk hipertensi. Jus cranberry juga rendah kalori, membantu melebarkan pembuluh darah dan sirkulasi darah yang baik.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA