Ibu Jangan Abai, Kenali Tanda-Tanda Depresi Saat Hamil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi hamil bermasalah. shutterstock.com

Ilustrasi hamil bermasalah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat hamil, kondisi emosi naik turun karena gejolak hormon. Senang pasti membuncah di hati menyambut kehidupan baru. Tapi, tak sedikit pula yang banyak mengalami kekhawatiran, contohnya apakah bayi cukup gizi, berat badan terus bertambah hingga ketakutan menghadapi persalinan.

Hati-hati, Bu. Kekhawatiran seperti itu secara berlebihan bisa menimbulkan depresi yang tak boleh diabaikan. Sekitar 20 persen ibu hamil di dunia mengalaminya.

Anda mungkin pernah mendengar depresi pasca-persalinan yang mempengaruhi kemampuan ibu merawat bayinya. Nah, depresi kehamilan lebih umum dan juga berisiko. Wajar bila ada saat-saat ibu hamil bersedih hati dalam beberapa hari, tapi kalau itu berlangsung terus-menerus selama berminggu-minggu, sudah saatnya Anda ke terapis.  

 

Berikut tanda-tanda depresi kehamilan yang harus Anda ketahui, dikutip dari laman Times of India

1. Sedih dan tidak tertarik

Sedih dan tidak tertarik pada hal-hal di sekitar Anda selama berminggu-minggu jadi salah satu tanda awal depresi perinatal. Kurangnya minat dapat membuat Anda menarik diri dari kegiatan rutin, menambah perubahan suasana hati dan bahkan membuat makan jadi tidak sehat.

2. Lelah terus-menerus

Kehamilan bisa melelahkan dan butuh sedikit waktu untuk menyesuaikan diri. Namun jika selama hamil Anda jadi gelisah karena kekhawatiran tentang bayi sampai tak bisa tidur, Anda harus memperhatikannya. Itu adalah salah satu tanda depresi.

3. Berpikiran negatif

Mrasa terganggu atau tidak nyaman dengan kehamilan? Jika Anda terus-menerus dihantui oleh pikiran-pikiran negatif yang menakuti Anda tentang menjadi ibu, itu tanda bahwa Anda harus meminta bantuan. Pikiran negative ini bisa dipicu banyak hal, termasuk media sosial. Jadi kurangilah waktu bermain media sosial.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."