Goo Hara Pernah Depresi, Berikut 9 Cara Alami Mengatasinya

Goo Hara. Instagram/@koohara__

kesehatan

Goo Hara Pernah Depresi, Berikut 9 Cara Alami Mengatasinya

Senin, 25 November 2019 09:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan aktris Korea Goo Hara meninggal dunia di rumahnya, pada Minggu, 24 November 2019 pukul 6 sore waktu setempat. Ia pertama kali ditemukan oleh rekannya yang langsung menghubungi layanan gawat darurat untuk menyelamatkan Goo Hara. Namun, nyawanya tak dapat diselamatkan.

Menurut Departemen Kepolisian Gangnam, ia ditemukan tewas di rumah kawasan Cheongdam-Dong. Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kematian Goo Hara.

Selama ini, Goo Hara mengalami berbagai masalah yang membuatnya jadi sorotan publik dan alami depresi. Mulai dari kasus kekerasan yang dilakukan mantan pacarnya Choi Jung Bum sampai kasus penyebaran video seks mereka. Wanita yang meninggal dunia dalam usia 28 tahun ini juga kerap menjadi sasaran bullying pada warganet.

Sebelumnya, pada Mei 2019 mantan personil grup perempuan KARA ini sempat melakukan percobaan bunuh diri, namun ia berhasil diselamatkan. Beberapa hari setelah peristiwa itu, ia meminta maaf kepada publik dan berjanji untuk memperbaiki kesehatan mentalnya.

Salah satu cara Goo Hara untuk meningkatkan kesehatan mentalnya adalah dengan menjahit. Ia mengunggah foto beragam bentuk kancing serta mesin jahit. “Mainan baru saya,” tulis Goo Hara sebagai keterangan foto yang diunggah pada 5 November 2019.

Selain menjahit, ada sejumlah cara alami untuk mencegah depresi sebagai salah satu masalah di kesehatan mental. Cara alami tersebut mencakup aktivitas fisik, penyesuaian gaya hidup, dan cara berpikir.

Berikut sejumlah cara alami yang bisa dijalankan untuk mencegah depresi

1. Menentukan Rutinitas

Saat depresi, Anda dapat membuat rutinitas baru. Seorang psikiater bernama Ian Cook mengatakan bahwa depresi dapat membuat Anda meninggalkan rutinitas yang biasa Anda lakukan sebelum mengalami depresi. Maka dari itu, cobalah untuk kembali mengatur secara perlahan rutinitas sehari-hari.

2. Menentukan Target

Ketika mengalami depresi, mungkin Anda cenderung tidak ingin mencapai target apapun. Untuk mendorongnya kembali, Anda dapat menentukan sasaran atau tujuan bagi diri sendiri. Buatlah tujuan yang ringan. Misalnya, menentukan waktu mencuci piring. Ketika target sudah tercapai, Anda dapat menambahkan target lainnya yang lebih menantang.

3. Tidur yang Cukup Depresi menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur dan kurangnya tidur akan membuat kondisi penderita lebih buruk. Lalu, apa yang harus dilakukan? Mulailah mengubah gaya hidup dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Cobalah untuk menyingkirkan hal-hal yang membuat Anda terganggu, seperti televisi, komputer, bahkan ponsel. 

4. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan endorfin, hormon yang memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia. Olahraga dengan teratur dapat mendorong otak untuk melipatgandakan endorfin. Anda dapat melalkukan olahraga yang ringan untuk memulainya. Misalnya jogging, jalan santai, atau berenang.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tidak ada diet yang dapat menyembuhkan rasa depresi. Namun, mengkonsumsi makanan sehat adalah ide yang bagus untuk membantu Anda merasa lebih baik. Ian Cook menambahkan bahwa makanan dengan kandungan Omega-3 seperti salmon dan tuna dapat meringankan depresi.

6. Memiliki Tanggung Jawab

Usahakan Anda tetap terlibat dan menjalankan tanggung jawab untuk membantu mempertahankan gaya hidup sehat, seperti melakukan pekerjaan tertentu sehingga perasaan depresi yang muncul bisa teralihkan. 

7. Menghadapi Pikiran Negatif

Salah satu perjuangan yang dapat dilakukan penderita depresi adalah mengubah pikiran. Saat depresi, Anda cenderung akan memikirkan hal yang buruk. Oleh karena itu, gunakanlah logika berpikir Anda, saat mulai berpikiran negatif tentang sesuatu hal.

8. Melakukan Hal Baru

Salah satu perawatan alami depresi yang dapat dengan mudah dilakukan adalah melakukan sesuatu yang baru. Anda dapat melakukan hal seperti mengunjungi museum, pergi ke taman, dan menjadi relawan pada kegiatan sosial.

9. Melakukan Hal yang Menyenangkan

Saat merasa depresi, luangkanlah waktu kosong Anda untuk melakukan hal yang Anda sukai. Anda harus mencoba hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi gejala depresi tersebut.

Jangan sungkan untuk berbagi dengan sahabat atau orang yang kamu percaya saat depresi. Percayalah, mereka akan membantu kamu dengan tangan terbuka dan pelukan hangat. Jangan ragu pula, meminta pertolongan kepada ahli untuk mendapatkan perawatan komprehensif.

SEHATQ | YUNIA PRATIWI