Cerita Sutradara Dua Garis Biru, Ada Stres hingga Penghargaan

Sutradara film Dua Garis Biru, Gina S. Noer bersama pemeran utama wanita filmnya, Zara JKT 48 yang memerankan Dara. Instagram.com/@ginasnoer

ragam

Cerita Sutradara Dua Garis Biru, Ada Stres hingga Penghargaan

Minggu, 24 November 2019 07:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sutradara film Dua Garis Biru, Gina S. Noer mengatakan menjadi sutradara ternyata lebih stres ketimbang saat ia mempersiapkan pernikahannya sendiri. Untuk diketahui, film Dua Garis Biru adalah debut pertama Gina S. Noer sebagai sutradara.

Kisah film Dua Garis Biru memang agak 'berat'. Di sini, Gina S. Noer mengisahkan seorang perempuan yang hamil di luar nikah diperankan oleh aktris Zara JKT48. "Kejadian seperti ini bisa dialami siapa saja. Siapa sih yang enggak punya teman, saudara, atau tetangga yang hamil di luar nikah" ujar Gina saat pemutaran perdana film Dua Garis Biru, 27 Juli 2019. "Mudah-mudahan setelah menonton filmnya, yang muncul adalah diskusi bukan kontroversi."

Film Dua Garis Biru memakan proses syuting selama 22 hari. Kendati film ini adalah karya pertama Gina S. Noer sebagai sutradara, cerita film tersebut sudah dibuat sejak 2010.

Produser film Dua Garis Biru, Chand Parwez mengatakan penantian Gina selama sembilan tahun tak sia-sia. Film yang mengangkat isu penting dan isinya begitu menyentuh perasaan penonton, menurut Chand Parwez, memang membutuhkan persiapan yang matang.

Film yang bercerita mengenai kehamilan remaja ini merupakan hasil dari keresahan Gina S. Noer sebagai penulis terhadap kondisi sosial masyarakat sekarang.

Gina S. Noer bersama kedua anaknya. Instagram.com/@ginasnoer

Melalui film ini, Gina sebagai penulis sekaligus sutradara berharap film tersebut bisa menjadi pemantik agar isu pendidikan seks untuk remaja lebih diperhatikan. "Bukan hanya untuk penonton remaja, namun juga orang tua," ucap ibu dua anak ini.

Selain menjadi film pembuka di festival film Indonesia kali pertama di London pada 22 hingga 24 November 2019, Dua Garis Biru juga dibanjiri penghargaan baru-baru ini. Mengulik akun Instagram @ginasnoer, Dua Garis Biru meraih tiga penghargaan di Festival Film Bandung 2019. Film Bioskop Terpuji, Penulis Skenario Film Bioskop Terpuji, dan Penata Artistik Terpuji.

Istri Salman Aristo ini mengunggah tujuh foto yang menggambarkan suasana kemenangan Dua Garis Biru pada Sabtu 23 November 2019. Ia menuliskan di keterangan foto, "Apa yang terpuji @festivalfilmbandung adalah konsistensi dan komitmen 32 tahunnya untuk terus mengadakan malam penghargaan ini. Karenanya kami, seluruh tim @duagarisbirufilm, merasa amat terhormat dan bersyukur bisa mendapat 3 piala ini."

AULIA ZITA LOPULALAN | SILVY RIANA PUTRI