Curhat Joanna Alexandra Merawat Putrinya yang Berkebutuhan Khusus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktivis Ayah ASI Raditya Oloan beserta istrinya Joanna Alexandra berbagi pengalaman mereka saat memberikan ASI eksklusif kepada empat buah hatinya di Jakarta Pusat, Jumat 9 Agustus 2019, TEMPO/ Galuh Putri Riyanto

Aktivis Ayah ASI Raditya Oloan beserta istrinya Joanna Alexandra berbagi pengalaman mereka saat memberikan ASI eksklusif kepada empat buah hatinya di Jakarta Pusat, Jumat 9 Agustus 2019, TEMPO/ Galuh Putri Riyanto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebesaran hati dan kesabaran aktris Joanna Alexandra dalam merawat dan mendampingi putri keempatnya, Ziona Eden Alexandra, bikin kagum. Meski di awal kelahiran sang putri 2,5 tahun yang lalu ia sempat sedih berkepanjangan, kini ia merasa jauh lebih baik dan sabar.

Joanna yang sebelumnya menjalani kehamilan dan persalinan dengan lancar, mengaku sempat sombong karena merasa sudah punya cukup pengalaman.

"Anak aku akan aman-aman, ternyata dia lahir dengan pernapasan kurang maksimal, kondisi kaki juga tidak sempurna, belum lagi mesti dirawat di NICU dan membutuhkan biaya lebih dari apa yang dikeluarkan saat kelahiran normal," ujar Joanna yang ditemui di acara "Membangun Hubungan Kuat dalam Keluarga Bersama Bincang Shopee" di Jakarta, Sabtu, 16 November 2019.

Perempuan kelahiran 23 April 1987 ini mengatakan tak pernah ada orang tua yang memimpikan berada dalam kondisi yang kini ia jalani. "Tapi kan terjadi padaku, dan kelahiran anak adalah berkat dari Tuhan. Dia pasti punya alasan menghadirkan Ziona dalam hidupku dengan segala keunikannya," tutur Joanna.

Banyak pelajaran yang Joanna terima ketika dikaruniai anak berkebutuhan khusus, seperti Ziona. Di antaranya, ia dan suami, Raditya Oloan, jadi lebih banyak belajar bagaimana menjadi orang tua yang sabar dan pintar.

Ia mengaku sempat sedih, tapi kini dia lebih ikhlas menerima anaknya yang spesial. Ia sadar, kesedihan yang berlarut-larut tidak akan mengubah keadaan.

"Kalau kita sudah bisa menerima ke depan kita lakukan yang terbaik sebab kalau kita sedih tidak akan menyelesaikan. Aku percaya apa yang bisa kita lakukan ya kita lakukan hal terbaik dengan keadaan hati yang berserah," ucap ia perlahan.

Ibu empat anak ini pun bersyukur dengan banyak orogreo yang dialami putrinya. Ziona saat ini sudah berusia 2,5 tahun, masih belajar jalan dan rutin fisioterapi seminggu tiga kali. "Golnya sampai dia bisa jalan dan diikuti dengan terapi lain seperti sensori dan motorik," pungkas pemain film Catatan Akhir Sekolah ini.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."