Rutin Bersihkan 5 Barang Ini yang Jadi Sarang Kuman di Rumah

Ilustrasi pasangan membersihkan rumah. tabloidbintang.com

kesehatan

Rutin Bersihkan 5 Barang Ini yang Jadi Sarang Kuman di Rumah

Jumat, 9 Agustus 2019 06:35 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta -  Bersiap-siap menyambut akhir pekan, jangan lupa luangkan waktu untuk membersihkan barang-barang di rumah. Tanpa Anda sadari, banyak bagian rumah yang ternyata jadi sarang kuman baik bakteri atau virus penyebab penyakit. 

Selain lantai dan kamar tidur, ada beberapa bagian rumah yang harus juga menjadi perhatian. Ikuti saran yang dilansir dari laman Healthline dan Thrillist.

1. Lubang ventilasi

Asap dan minyak tentu akan menghias lubang ventilasi yang berada di atas kompor. Oleh sebab itu, bersihkan lubang ventilasi secara rutin minimal tiga bulan sekali agar kotoran tersebut tidak memicu masalah kesehatan.

Semprotkan cairan pembersih pada panel lubang ventilasi. Cairan pembersih yang digunakan bergantung pada bahan panel, misalnya cairan pembersih yang mengandung cuka untuk bahan logam.

Setelah itu, lap dengan kain katun bersih. Anda juga dapat mengganti cairan pembersih mengandung cuka dengan cairan pembersih buatan Anda sendiri. Campurkan beberapa sendok makan baking soda dengan air bersih, aduk hingga rata dan siap digunakan.

2. Wadah pisau

Selesai menggunakan pisau, Anda pasti langsung mencucinya hingga bersih. Bagaimana dengan wadahnya? Bukan hanya debu, sisa-sisa makanan yang menempel pada pisau juga dapat mengendap di dalam wadah, terutama wadah yang terbuat dari kayu.

Untuk membersihkan kotoran membandel pada wadah pisau, Anda dapat menggunakan tisu atau kain katun. Cukup dibasuh dengan air bersih saja, jangan gunakan cairan pembersih. Zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam cairan pembersih kemungkinan mengendap pada wadah pisau.

3. Kerangka kasur

Kerangka kasur yang terbuat dari kayu, logam ringan atau platform modern lain juga tidak lepas dari yang namanya debu dan kotoran. Untuk menghilangkan debu dan kotoran yang kemungkinan terhirup oleh Anda selama beristirahat, gunakan kain berbahan katun dan cairan pembersih.

4. Tirai jendela

Area yang kerap terlihat bersih ini ternyata menyimpan banyak sekali debu dan kotoran yang bisa menyebabkan penyakit. Untuk menghilangkan debu membandel yang menempel pada tirai jendela, pakai cairan pembersih dan kain katun. Gunakan kain untuk membersihkan bagian yang cukup sulit dijangkau dan penyedot debu untuk bagian bawah tirai jendela.

5. Tempat sampah

Tidak peduli seberapa sering Anda menggunakan plastik untuk membungkus tempat sampah, akan ada saja kotoran yang mengendap pada bagian bawahnya. Kuncinya adalah mencuci tempat atau bak sampah secara rutin.

Saat mencuci, pastikan mengenakan sarung tangan agar bakteri jahat tidak menempel di tangan Anda. Jika dirasa sudah bersih, keringkan. Lebih baik dikeringkan di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman yang masih menempel atau dikeringkan dengan kain sambil disemprot disinfektan.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA