Sebaiknya Usia Berapa Anak Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

Ilustrasi anak makan apel (pixabay.com)

keluarga

Sebaiknya Usia Berapa Anak Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

Selasa, 12 November 2019 10:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang tua bertanya-tanya kapan usia yang tepat untuk meninggalkan anak sendirian di rumah. Sebab banyak pertimbangan orang tua dalam memutuskan  hal itu mulai dari wilayah dan keamanan di sekitar rumah hingga kemandirian si anak.

Mengutip laman Times of India, sejumlah besar pekerja sosial mensurvei sebaiknya anak-anak harus berusia minimal 12 tahun dan durasi sendirian di rumah tidak lebih dari empat jam.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics (AAP), sebab bila terlalu lama ada bentuk kelalaian karena tanpa pengawasan.

Profesor klinis dan dokter anak, Charles Jennissen berkomentar, "Kami menemukan bahwa pekerja sosial yang berpartisipasi dalam penelitian ini secara signifikan lebih cenderung menganggap tindakan itu mengabaikan anak ketika seorang anak ditinggal di rumah sendirian dalam kondisi cedera, luka ataupun sakit, dibandingkan dengan anak yang dalam kondisi bugar.”

Sekitar 80 persen pekerja sosial merasa bahwa meninggalkan anak di bawah delapan tahun atau lebih muda sendirian di rumah termasuk kategori diabaikan. Sementara itu, 50 persen merasa bahwa anak yang berusia di bawah 10 tahun ditinggal sendirian di rumah termasuk dalam kategori pengabaian yang sama. Namun, sejumlah kecil pekerja sosial menilai anak-anak 12 hingga 14 yang ditinggalkan sendirian sebagai diabaikan.

Usia 12 tahun dinilai menjadi batasan kemandirian anak dan mampu melindungi dari hal-hal yang membahayakan yang ada di rumah. Misalnya, mengerti bahaya api saat menghidupkan kompor, penggunaan pisau, hingga gunting.