6 Kondisi Bibir yang Menandakan Kesehatan Anda Bermasalah

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

kecantikan

6 Kondisi Bibir yang Menandakan Kesehatan Anda Bermasalah

Minggu, 10 November 2019 14:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi
3. Bibir Pucat

Jika bibir Anda berubah dari merah kemerahan menjadi merah muda pucat, itu bisa menandakan kekurangan vitamin atau bahkan kanker kulit. Tiba-tiba pucat bisa menjadi tanda anemia defisiensi besi, saat itulah sel darah Anda tidak memiliki bahan yang mereka butuhkan untuk membuat hemoglobin, menurut Johns Hopkins Medicine. Periode menstruasi yang berat atau kehilangan darah lainnya, serta kehilangan nutrisi, dapat menyebabkan anemia.

Dr Massick mengatakan bahwa perubahan warna bibir juga bisa menjadi tanda kanker kulit. Pemutihan kulit "lebih sering terlihat pada kanker kulit sel skuamosa," sementara penggelapan dapat dikaitkan dengan melanoma. Apa pun itu, perubahan warna bibir harus didiskusikan dengan dokter Anda.

4. Bibir bengkak

Jika Anda tidak menggunakan lip plumper atau produk untuk menambah volume bibir, bibir yang membengkak secara alami bisa menjadi tanda reaksi alergi atau masalah kesehatan lainnya. Seperti yang dikatakan oleh sebuah studi tahun 2018, pembengkakan bibir mungkin merupakan gejala penting dari penyakit sistemik atau lokal dari alergi hingga tumor. Mulut yang agak bengkak bisa disebabkan oleh alergi terhadap merek lipstik, pasta gigi, atau pencuci muka, dan Anda harus mengganti produk yang diduga menyebabkan masalah. Jika pembengkakan tidak hilang atau menghambat kemampuan Anda untuk bernapas atau makan, kunjungi dokter sesegera mungkin.

5. Bibir terbakar

Jika Anda mengalami bibir terbakar, dan Anda belum makan kari pedas dalam sepuluh menit terakhir, itu bisa menjadi sinyal masalah yang lebih besar. Rasa terbakar di bibir, tenggorokan, dan lidah telah dikaitkan dengan defisiensi B-12, serta depresi dan menopause. Bibir terbakar juga bisa karena paparan sinar matahari, yang berpotensi menyebabkan kanker kulit. Dr. Massick menyarankan untuk melindungi bibir dari sinar matahari dengan gunakan tabir surya bahkan pada bibir, aplikasikan kembali setelah beberapa jam jika perlu; kenakan topi pelindung untuk menghindari paparan sinar matahari.

Seperti halnya apa pun yang berkaitan dengan kesehatan Anda, jika Anda merasa tidak nyaman atau kesakitan selama lebih dari beberapa hari, atau jika Anda perhatikan bahwa tubuh Anda tidak sembuh dengan sendirinya, bawalah gejala Anda ke dokter. "Saya akan merekomendasikan untuk konsultasi dengan dokter kulit jika Anda melihat perubahan pada bibir yang bertahan selama empat minggu," kata Dr Massick. Untuk sebagian besar kasus bibir kering, minum lebih banyak air dan menjaga kelembaban ekstra sudah cukup untuk membantu untuk menyingkirkan masalah yang mendasarinya.