Teman Tak Selalu Baik, 7 Hal Ini Bedakan Mana yang Baik dan Palsu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
ilustrasi perempuan dan temannya mengobrol sembari minum kopi. (Purewow/Twenty20)

ilustrasi perempuan dan temannya mengobrol sembari minum kopi. (Purewow/Twenty20)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seorang teman dapat membuat kita merasa hidup dan bahagia. Tetapi penting untuk mengenali siapa yang bisa Anda percayai. Karena itu, Anda perlu memilih teman dengan bijak. Kadang, kita mungkin berpikir beberapa teman selalu lebih baik daripada yang lain. Alasannya bisa karena ikatan yang berbeda yang kita bagi dengan teman-teman kita. 

Seringkali orang mengatakan, teman sejati akan selalu berada di sisi Anda sedangkan teman palsu tidak akan peduli apakah Anda baik-baik saja atau tidak. Namun, membedakan antara teman yang benar dan yang palsu agak sulit. Melansir laman Boldsky, ada beberapa tips untuk mengetahui siapa benar-benar jadi teman sejati untuk Anda. 

Berikut ini cara membedakan teman palsu dan sejati.

1. Teman sejati akan selalu ada untuk Anda

Jika Anda terjebak di tengah-tengah pertengkaran, teman sejati Anda memastikan untuk menerima omelan atau pemukulan yang sama dalam hal ini. Mereka juga berbagi tuduhan. Juga, jika seseorang berbicara negatif tentang Anda, teman sejati Anda akan memastikan untuk mematahkan pendapat orang itu dan akan memberitahukan orisinalitas Anda. Tetapi teman-teman palsu tidak akan melakukan hal yang sama. Mereka mungkin bergabung dengan orang yang mengkritik Anda dan mengejek Anda. Juga, mereka mungkin memilih untuk tetap diam ketika orang lain mengkritik Anda tanpa alasan.

2. Teman sejati akan selalu mendukung Anda

Dalam hal saling mendukung, teman sejati tidak pernah kekurangan di dalamnya. Mereka tahu betapa pentingnya untuk saling mendukung. Teman sejati Anda akan mendukung bahkan impian terliar Anda. Ketika dunia menilai Anda atas pilihan Anda, tidak bertahan di sekitar Anda dan memercayai Anda, teman sejati Anda datang sebagai penyelamat dan mereka selalu mendukung Anda. Namun, dalam situasi yang sama ini, teman-teman palsu tidak akan menunda mundur dan menarik dukungan mereka. Mereka akan menunjukkan sifat asli mereka selama masa-masa sulit.

3. Teman sejati akan mencintai Anda dengan tulus

Memiliki teman sejati sama dengan memiliki sumber cinta yang berlimpah. Anda akan selalu memiliki seseorang yang peduli tentang Anda seperti keluarga. Teman sejati akan merawat Anda saat Anda sakit. Meskipun teman sejati tidak pernah menunjukkan cinta satu sama lain, mereka melakukan hal-hal yang mencerminkan cinta yang Anda miliki. Namun, teman palsu mungkin menunjukkan cinta dan kepedulian palsu untuk Anda tetapi akan membuat alasan paling kuat ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

4. Teman sejati akan selalu memiliki waktu untuk Anda

Saat Anda membutuhkan seseorang untuk mendengar penderitaan dan kata-kata kasar Anda, teman-teman sejati Anda akan mendengarkan Anda dengan penuh perhatian. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengirim SMS atau menelepon teman sejati Anda. Mereka pasti akan menemui Anda terlepas dari pekerjaan penting yang telah mereka lakukan. Sementara teman-teman palsu,  Anda tidak akan menjadi prioritas dan mereka akan menganggap pekerjaan masing-masing lebih penting.

5. Teman sejati saling tahu rahasia gelap satu sama lain

Teman sejati akan mengetahui semua rahasia Anda dan akan memastikan untuk menyembunyikan rahasia itu. Mereka tidak akan pernah menggosipkan rahasia Anda. Mereka tahu bagaimana Anda bersikap ketika Anda mabuk dan juga mengetahui kisah perpisahan Anda. Untuk ini, Anda tidak perlu berbicara sepenuh hati karena mereka dapat memahami apa yang Anda alami tanpa harus mengatakan apa-apa. Namun, teman palsu tidak akan menganggap serius rahasia Anda dan mungkin akan menggosipkannya. Mereka mungkin mengolok-olok momen yang spesial bagi Anda.

6. Teman sejati yang paling asik diajak melakukan hal gila

Mereka akan selalu menyeret Anda ke dalam sesuatu yang gila dan unik. Tidak masalah jika Anda merencanakan lelucon atau pergi keluar malam, Anda dan teman sejati Anda selalu dapat saling mengandalkan. Hal yang sama tidak dapat terjadi dengan teman palsu. Naluri Anda tidak akan membiarkan Anda bersama mereka dan mereka tidak akan pernah menemani Anda dalam kegilaan apa pun. Apalagi, jika terjadi kesalahan, teman palsu akan menyalahkan Anda.

7. Teman sejati akan menjaga keluarga jika perlu

Teman sejati Anda akan menganggap keluarga Anda sebagai milik mereka. Orang tua Anda juga akan menemukan teman sejati Anda untuk menjadi teman yang tepat untuk Anda. Namun, dengan teman palsu, keluarga Anda tidak akan begitu kompatibel dan akan meminta Anda untuk menghabiskan lebih sedikit waktu bersama mereka. Mereka lebih suka menjauh dari keluarga Anda sehingga orang-orang yang dekat dengan Anda tidak menemukan niat mereka yang sebenarnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."