Bacaan Orang Tua, 10 Tips Menjaga Kesehatan Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan anak / dokter anak. Shutterstock

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan anak / dokter anak. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesehatan anak menjadi prioritas penting bagi setiap orang tua. Sebab itu, orang tua terutama ibu sangat mengutamakan apapun demi kesehatan anak. Namun banyak faktor mempengaruhi kesehatan anak, seperti lingkungan, cuaca dan kebiasaan di rumah. 

Anak-anak lebih mudah terserang penyakit dibanding orang dewasa. Sebab, sistem kekebalan tubuh di usia tersebut belum terbentuk dengan sempurna. Tidak heran, ada banyak anak yang mudah tertular flu hingga cacar. Meski tidak bisa melindungi buah hati selama 24 jam sehari, beberapa langkah di bawah ini bisa membantu mengurangi risiko anak terkena penyakit, sehingga kesehatan anak pun tetap terjaga.

Tips menjaga kesehatan anak

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak

Penyakit bisa dihindari, selama anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, pastikan agar ia mendapatkan tidur yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur. Selain itu, memastikan kesehatan mentalnya juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Lakukanlah langkah-langkah ini agar anak tidak terlalu stres dalam menjalani kehidupannya baik di sekolah maupun di rumah. Pastikan ia punya cukup waktu untuk bermain dan bercanda bersama orang-orang terdekatnya.

2. Biasakan anak cuci tangan

Biasakan anak rajin cuci tangan yang benar adalah salah satu langkah menjaga kesehatan anak yang paling sederhana. Ajarkan anak untuk mencuci tangan setelah membuang ingus, menggunakan toilet, serta sebelum dan sesudah makan. Dengan begitu, Anda sudah membantu mengurangi risiko anak terkena penyakit dan mencegahnya menyebarkan penyakit ke orang lain, termasuk teman-temannya di sekolah.

3. Hindari penggunaan sabun maupun produk antibakteri secara berlebihan

Cuci tangan dengan sabun antibakteri memang baik untuk menjaga kesehatan anak. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik. Jika digunakan secara berlebihan, sabun tersebut tidak hanya akan menghancurkan bakteri penyebab penyakit, tapi juga bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."