Jangan Langsung Marah saat Mimpi Pacar Selingkuh, Ini Artinya

Ilustrasi selingkuh. Shutterstock

ragam

Jangan Langsung Marah saat Mimpi Pacar Selingkuh, Ini Artinya

Senin, 28 Oktober 2019 17:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda menjalin hubungan, bermimpi pasangan selingkuh bisa sangat menjengkelkan, bahkan jika tidak ada keraguan dalam pikiran Anda bahwa pasangan Anda setia. Sayangnya, mimpi tentang selingkuh adalah salah satu bentuk paling umum dari mimpi buruk. Sebuah survei tahun 2017 dari merek kasur Amerisleep menemukan bahwa hampir satu dari empat orang Amerika memiliki mimpi tentang selingkuh atau ditipu.

Tetapi haruskah mimpi-mimpi ini diabaikan begitu saja, atau apakah ada makna khusus? “Mimpi bukan prediksi," kata Dr. Fran Walfish, PsyD, keluarga Beverly Hills dan psikoterapis hubungan, kepada Bustle. "Itu adalah metafora dan simbol untuk konflik yang kita perjuangkan untuk berjuang, pahami, dan selesaikan. Bagaimana perasaan Anda dalam mimpi adalah kunci untuk perasaan Anda dalam kehidupan nyata."

Fran Walfish menambahkan, misalnya jika Anda bermimpi bahwa pasangan Anda yang selingkuh dan dalam mimpi Anda merasa dikhianati, terluka, dan marah. “Anda perlu bertanya pada diri sendiri di mana dalam hidup Anda saat ini Anda merasa dikhianati, terluka, dan marah, Anda mungkin terkejut bahwa itu tidak ada hubungannya dengan pasangan, tapi mungkin merasakan emosi ini dengan rekan kerja atau majikan, atau ibu Anda! " ujarnya.

Walaupun mimpi kita mungkin tidak dapat memprediksi masa depan, mimpi itu masih bisa menjadi indikator perasaan kita yang sebenarnya. Mimpi itu pun belum tentu mengarah pada pasangan Anda. Dan yang paling penting dalam pikiran sadar Anda, coba renungkan dan identifikasi sumber perasaan itu, apa pun itu, karena dapat mengungkapkan banyak hal tentang keadaan emosi Anda.

"Mimpi buruk, khususnya, dihipotesiskan menjadi bentuk pelepasan emosional," ujar Chris Brantner, pelatih ilmu tidur bersertifikat di SleepZoo.com. "Beberapa ahli percaya bahwa otak Anda mengambil ketakutan abstrak dan mengubahnya menjadi cerita. Idenya adalah bahwa ketakutan menjadi ingatan, dan otak lebih mudah mampu menangani ingatan daripada hipotesis 'bagaimana jika'. Dengan mengingat hal itu, bermimpi tentang perselingkuhan, kemungkinan terkait dengan rasa takut yang mendalam yang Anda miliki.” Mungkin itu adalah rasa takut yang sebenarnya akan perselingkuhan, atau mungkin itu adalah bentuk ketidakpercayaan yang lebih abstrak, atau bahkan bisa menjadi ketidakpercayaan pada diri sendiri.

Mimpi buruk sebenarnya bermanfaat

Jelas, tidak ada yang ingin mengalami mimpi buruk - tetapi seburuk yang mereka rasakan saat ini, sebenarnya bisa ada manfaat besar bagi semua ketakutan saat mengantuk. Ini pada dasarnya seperti bentuk terapi emosional yang dapat membantu Anda proses perasaan Anda saat Anda kesal.

"Sementara mimpi buruk bisa menakutkan dan bahkan memicu kecemasan, saya berpendapat bahwa itu bisa baik untuk Anda," kata Brantner. "Sebagian besar mimpi Anda terjadi selama bagian tidur dengan gerak mata cepat dari tidur Anda. Selama porsi tidur ini, otak Anda dapat memilah dan memproses aktivitas hari Anda. Selama masa inilah wawasan dapat dibuat dan pemecahan masalah dapat diasah untuk kinerja siang hari.”

Beberapa ahli percaya bahwa bermimpi adalah semacam tumpukan data, cara bagi otak Anda untuk menurunkan muatan untuk hari itu, dan cara bagi otak Anda untuk mempersiapkan diri menghadapi pertemuan yang sulit di kemudian hari, sehingga Anda dapat memikirkan mimpi hampir seperti terapi semalam. Jadi, jika Anda bermimpi tentang pasangan Anda selingkuh, otak Anda mungkin sedang memproses beberapa perasaan besar lain yang Anda miliki sehubungan dengan hubungan Anda. Selain itu juga diharapkan dapat mempersiapkan Anda untuk mengatasi masalah yang Anda miliki di jam-jam terjaga juga.

Ini yang harus dilakukan jika bermimpi tentang pacar yang selingkuh

Sebagai seseorang yang mengalami mimpi-mimpi semacam ini secara langsung, bermimpi tentang selingkuh itu dapat benar-benar mengacaukan persepsi Anda tentang hubungan Anda dalam kenyataan. Jadi, alih-alih membiarkan mereka membuat Anda paranoid dan membuat ganjalan antara Anda dan pasangan, apa tindakan terbaik untuk menghadapi mimpi seperti ini?

"Jika Anda berurusan dengan mimpi perselingkuhan, saya sarankan agar Anda tidak segera meninggalkanya atau menuduh pasangan, dan tahan keinginan untuk marah sama sekali," kata Brantner. "Sebaliknya, lihat ke dalam dan cobalah untuk mengidentifikasi dari mana masalah kepercayaan Anda bisa berasal."

Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tentu saja, tetapi bertanya pada diri sendiri apa yang mungkin menyebabkan otak bawah sadar Anda merasa tidak percaya atau dikhianati benar-benar menyembuhkan hubungan Anda dan menenangkan kecemasan Anda. "Mimpi bisa menjadi indikasi yang baik bahwa kepercayaan Anda memburuk dalam hubungan dan bahwa Anda kemungkinan besar harus mengatasi perasaan ini dengan [pasangan] Anda lebih cepat," kata Caleb Backe, pakar kesehatan dan kesejahteraan untuk Maple Holistics.

Jika Anda gagal untuk mengatasi masalah ini, dapat membuat banyak ketegangan pada hubungan Anda karena Anda mungkin mulai stres dan khawatir tentang hal-hal yang benar atau tidak benar daripada berurusan dengan mereka secara terbuka dengan cara yang matang dan jujur. Komunikasi adalah fondasi paling penting untuk hubungan apa pun, dan sementara mimpi mungkin bermanfaat untuk mengatasi perasaan, ketakutan, dll., berbicara dengan pasangan sesering mungkin dan sejujur mungkin adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan yang sehat.