3 Fakta Mimpi, Ada Kemampuan yang Hilang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi anak mimpi buruk. Safebee.com

Ilustrasi anak mimpi buruk. Safebee.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sepertinya semalam aku bermimpi, tapi mimpi apa ya? Kenapa bisa tidak ingat dengan mimpi setelah terjaga dari tidur? Sebanyak 60 persen orang ternyata tak bisa mengingat kembali mimpinya.

Mimpi berkaitan erat dengan kerja otak saat tubuh dalam kondisi tidak sadar. Ketika itu, otak masih bekerja dan ada beberapa hal yang unik terjadi. Berikut ini 3 fakta tentang mimpi:

1. Tak bisa membaca
Kita tidak bisa membaca saat sedang bermimpi. Kalau melihat tulisan, otak tidak akan mengenalinya lagi. Hal ini terkait dengan beberapa fungsi otak yang memang tidak dalam kondisi sadar saat bermimpi. Tidak semua orang juga bermimpi tentang visual yang berwarna seperti di kehidupan nyata. Ada 12 persen orang yang hanya melihat sesuatu berwarna warna hitam dan putih saat bermimpi.

Ilustrasi teror mimpi buruk. dailymail.co.uk

2. Beda mimpi tuna netra sejak lahir dan bukan
Mereka yang tidak dilahirkan dalam kondisi tuna netra bisa bermimpi melihat visual dari apa saja yang pernah dilihat atau diingatnya dulu. Sedangkan orang yang tidak bisa melihat sejak lahir, mereka tak melihat visual tertentu dalam mimpinya. Mimpi mereka berwujud suara atau sentuhan sesuai dengan memori indra saat terjaga.

3. Tanda orang bermimpi
Saat tertidur, kita biasanya akan melewati fase Rapid Eye Movement atau REM. Kondisi ini ditandai dengan gerakan mata yang cepat, dengan kelopak mata terlihat berkedut atau bergerak-gerak. Pada fase inilah kita bermimpi.

Ada beberapa orang yang mengalami REM sleep disorder. Akibatnya, dia berkelakuan sesuai mimpinya, misalnya berjalan.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."