7 Kesalahan yang Bisa Merusak Bahan Makanan di dalam Kulkas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan saat melihat isi kulkas. (The Kitch/Joe Lingeman)

Ilustrasi perempuan saat melihat isi kulkas. (The Kitch/Joe Lingeman)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat menggunakan alat-alat teknologi di dapur, ada sejumlah kiat dan larangan yang harus diperhatikan. Tujuannya untuk menjaga usia alat bertahan lebih lama. Salah satu contohnya adalah kulkas. Salah satu yang harus dihindari kebiasaan memasukkan banyak barang di dalam kulkas. Sebab bisa membuat kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tetap rendah.

Berikut tujuh kesalahan dalam menyimpan bahan makanan dan kebiasaan buruk yang bisa merusak kulkas seperti dikutip dari laman The Kitchn.

1. Mengisi kulkas Anda dengan berlebihan

Menyimpan terlalu banyak bahan makanan di kulkas bisa menghalangi ventilasi udara dan membuat kulkas bekerja lebih keras agar tetap dingin ketika Anda membuka pintu.

2. Isi kulkas terlalu kosong

Sama halnya seperti kulkas yang diisi terlalu banyak bahan makanan, kulkas yang kosong ternyata  bisa merugikan. Sebab adanya benda atau bahan makanan di dalam kulkas berperan dalam menjaga suhu tetap rendah. Saat terlalu sedikit benda di kulkas berarti kulkas harus bekerja lembur untuk menjaga suhu dingin yang tepat. Sebaiknya Anda mengisi kulkas sebanyak 75 persen.

3. Pengaturan suhu yang salah

Jika kulkas Anda terlalu hangat, makanan Anda akan membusuk lebih cepat. Tetapi jika suhu diatur terlalu dingin, barang-barang Anda akan membeku. Untuk menghindari makanan membusuk, atur suhu lemari es Anda tetap di antara 35-38 derajat Fahrenheit atau 1,6 – 3,3 derajat Celcius. (Jika kulkas Anda tidak memiliki temperatur tertentu pada putaran, Anda bisa menggunakan termometer kulkas).

Ilustrasi isi kulkas. shutterstock.com

4. Cara penyimpanan makanan

Jika Anda menyimpan barang-barang lama, seperti sisa makanan terlalu di dalam kulkas atau di belakang bahan makanan lain bisa jadi Anda lupa atau bahkan membusuk begitu saja. Maka terapkan sistem penyimpanan makanan "masuk pertama, keluar pertama".

5. Menyimpan yang mudah busuk di pintu

Jika Anda menyimpan barang-barang yang mudah busuk, seperti susu di pintu kulkas, itu akan menjadi lebih cepat lebih buruk. Sebabnya itu merupakan area terpanas dari kulkas dan suhu semakin turun saat Anda membuka lemari es. Agar makanan dan minuman Anda tidak terlalu cepat rusak, lebih baik simpan bumbu yang tidak mudah busuk di rak dekat pintu kulkas.

6. Terlalu sering membuka kulkas

Jika Anda terlalu sering membuka kulkas, suhunya akan naik dengan cepat dan bisa menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk kembali ke suhu normal saat ditutup.

7. Memotong terlalu banyak makanan sebelum Anda menggunakannya

Meskipun tidak ada yang salah dengan persiapan bahan-bahan makanan, ada satu aturan yang tidak boleh Anda langgar. Jangan memotong terlalu banyak makanan seperti daging, buah, dan sayuran sebab menjadi lebih cepat busuk daripada saat dalam kondisi utuh. Cukup buat persiapan bahan makanan selama seminggu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."