5 Tips Merawat Kulit Wajah untuk Perempuan Usia 30-an

Ilustrasi facial atau perawatan wajah. shutterstock.com

kecantikan

5 Tips Merawat Kulit Wajah untuk Perempuan Usia 30-an

Rabu, 23 Oktober 2019 08:40 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Merawat kulit wajah pastinya bertujuan menjaga tampilannya tetap sehat dan bercahaya. Namun beberapa di antara kita, termasuk di usia produktif kerap mengabaikannya dengan alasan kesibukan dan tak ada banyak waktu ke klinik kecantikan. Padahal di usia produktif atau 30-an ini adalah usia krusial untuk kulit. Sebab regenerasi kulit lebih menurun saat di usia belasan tahun. 

Jadi, jangan tunda lagi, lakukan perawatan kulit sedari awal sebelum menyesal. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi jenis kulit untuk mengetahui produk perawatan yang tepat. “Ada berbagai jenis kulit seperti kulit kering, kulit sensitif, kulit berminyak, kulit normal, dll. Orang harus mengikuti teknik perawatan kulit dan melakukan pembelian produk menurut jenis kulit,” ujar Pooja Malhotra pakar kecantikan dari Kiko Milano, India, seperti dikutip dari laman Indian Express.

Berikut beberapa tips wajib yang perlu dilakukan wanita di usia 30-an untuk memastikan kulit tetap sehat dan bercahaya.

1. Menggunakan tabir surya

Apa pun jenis kulit Anda, jangan pernah lupa mengaplikasikan tabir surya untuk melindunginya dari efek buruk sinar matahari. Usia 30-an adalah saat munculnya gari-garis halus di sekitar mata yang umumnya dipicu sinar ultraviolet.

2. Menghapus makeup sebelum tidur

Makeup dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit Anda di malam hari. Karena itu, selalu menghapusnya sebelum tidur. “Sisa riasan dan zat-zat di makeup Anda juga dapat menyebabkan banyak ketidaksempurnaan kulit saat dibiarkan berjam-jam di malam hari,” kata ia. Setelah dihapus, Pooja juga menyarankan menggunakan pelembap wajah untuk membantu kulit bernapas dengan baik.

3. Eksfoliasi kulit secara teratur

Pengelupasan kulit wajah pada dasarnya menghilangkan sel-sel kulit mati. Jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan bercak serta kulit kering dan bersisik. Pengelupasan kulit pada dasarnya membuatnya terlihat lebih cerah dan meningkatkan efektivitasnya.

"Pengelupasan kulit dapat dilakukan dengan menggosok secara manual atau dengan menggunakan produk-produk tertentu yang membantu pengelupasan kulit yang tepat," tutur Pooja.

4. Minum air putih

Air adalah salah satu kebutuhan dasar umat manusia dan sesuatu yang tak seorang pun bisa hidup tanpanya. Tanpa asupan air yang tepat, kulit mungkin tampak lebih kusam dan kerutan dan pori-pori lebih menonjol. Minum banyak air akan melembapkan kulit dengan baik dan membuatnya bercahaya.

5. Makan sehat dan tidur cukup

Mengonsumsi makanan berlemak dan makanan cepat saji tidak baik untuk kulit karena bisa memicu pori-pori dan jerawat. Selain itu, tidur yang baik diperlukan agar kulit juga beristirahat dan membantu melawan garis-garis halus, kerutan dan bintik-bintik penuaan.

Selain menggunakan produk dan krim untuk perawatan kulit yang tepat, sangat penting untuk memilah makanan sehat dan juga tidur malam yang tepat untuk kulit yang jauh lebih baik.

MILA NOVITA