4 Cara Menenangkan Bayi Baru Lahir yang Menangis

Ilustrasi bayi menangis (Pixabay.com)

keluarga

4 Cara Menenangkan Bayi Baru Lahir yang Menangis

Selasa, 22 Oktober 2019 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda orang tua dari bayi baru lahir dan baru pula menjadi orang tua? Bila jawaban iya untuk kedua pertanyaan sebelumnya, Anda pasti tengah menjalani momen sedikit panik saat bayi menangis terus-menerus. Terlebih jika bayi menangis di malam hari atau saat Anda sendirian di rumah. Beberapa di antara kita pasti dilanda khawatir atau parno, jangan-jangan terjadi sesuatu pada si kecil.  

Tak perlu khawatir berlebihan, Bu. Bayi baru lahir menangis sebagai salah satu cara berkomunikasi. Bisa saja menangis karena Anda tidak mengganti popok tepat waktu atau bayi mengantuk. Selain itu, juga bisa tanda ada rasa sakit di tubuhnya. Anda bisa mengidentifikasi arti tangisan bayi dari intonasi dan lamanya menangis. Sembari mempelajari arti menangis bayi Anda, pahami pula cara menenangkan bayi menangis.

Berikut empat cara untuk menenangkan bayi menangis seperti dilansir dari laman Times of India

1. Bernyanyilah untuk si kecil Anda

Banyak orang tua meremehkan pentingnya suara mereka sendiri saat menenangkan bayi baru lahir yang rewel. Nyanyikan lagu apa saja, boleh lagu pengantar tidur atau bahkan puisi pilihan Anda. Bayi Anda akan terhibur dengan suara Anda.

2. Goyang bayinya

Angkat bayi dengan lembut, lalu goyangkan ia maju dan mundur. Ingatlah, untuk selalu bersikap lembut dan menenangkan. Gerakan-gerakan ini bisa mengingatkan buah hati saat ia berada di dalam rahim Anda.

3. Ciptakan suasana yang menenangkan

Selain suara ibu, suara yang berirama bisa menenangkan bayi dan mengingatkannya saat di dalam rahim. Anda juga bisa mencoba menggosok-gosok punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya.

4. Pergi jalan-jalan

Untuk menenangkan bayi yang sedang menangis, Anda juga bisa  gendong sembari berjalan-jalan untuk mengubah suasana hati si kecil. Lebih baik dibawa ke luar ruangan yang dipenuhi tumbuhan hijau. Bayi yang baru lahir juga bisa mudah bosan. Anda juga bisa mendapatkan mainan bayi yang mengeluarkan suara tertentu untuk membuat mereka terhibur dan tertarik.