Cara Menggunakan Produk Perawatan Kulit dari Toner Hingga Serum

Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com

kecantikan

Cara Menggunakan Produk Perawatan Kulit dari Toner Hingga Serum

Rabu, 4 September 2019 21:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki produk perawatan kulit yang premium dan berkualitas tak berarti kulit wajah Anda selalu sehat dan mulus. Ada dua rumusan yang harus diikuti untuk meraih kulit wajah yang didambakan. Hal pertama adalah rutinitas dan konsisten dalam menggunakan produk perawatan kulit. Sebab tidak ada perubahan kulit yang terjadi secara instan.

Contohnya saja mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati, proses regenerasi kulit mencapai 28 hingga 30 hari sebelum usia 40 tahun. Akan lain ceritanya saat sudah memasuki kepala empat, proses regenerasi kulit bisa mencapai 60 hari. Oleh karena itu, pentingnya rutinitas dan konsisten dalam memakai produk perawatan kulit.

Poin kedua yang harus diperhatikan adalah cara pengaplikasian produk perawatan kulit. Sebab ada sejumlah kesalahan yang masih kerap dilakukan, seperti menggosok-gosokkan produk dengan sekuat tenaga ke kulit wajah demi terangkat semua kotoran. Tindakan tersebut tidak akan berhasil membersihkan, sebaliknya bakal mengikis minyak alami yang ada di kulit wajah.

“Semua gerakan pengaplikasian produk perawatan kulit harus mengarah ke atas. Gunanya mengurangi timbulnya kerutan. Gerakannya ringan saja, tidak perlu menggosok-gosokkan kulit,” ungkap Rizqa Ridhayati Zulka product specialist FMCG PT EIG Dermal Wellness Indonesia saat ditemui di acara peluncuran Nurish Organiq di Jakarta Selatan, Rabu 4 September 2019.

Rizqa Ridhayati Zulka product specialist FMCG PT EIG Dermal Wellness Indonesia ditemui saat acara peluncuran Nurish Organiq di Eastern Opulence Restaurant, Jakarta Selatan, Rabu 4 September 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

Lebih lanjut ia memaparkan, “Untuk produk sejenis toner dan losion cukup ditepuk-tepuk di wajah. Sementara, jenis produk yang sifatnya konsentrat seperti serum dipakai dengan cara dipijat lembut sampai benar-benar meresap ke wajah.”

Untuk toner, menurut Rizqa, bisa dipakai dengan jari bila ingin menghemat penggunaan produk. “Ada juga yang memakai toner dengan jarinya, bukan kapas. Tujuan mereka supaya tidak ada produk yang tersisa di kapas. Itu juga boleh, asalkan tangan sudah dalam kondisi bersih dan pijat lembut wajah agar produk perawatan kulit itu meresap. Pakai toner itu sampai leher, jangan hanya di wajah,” ucap Rizqa.

Saat menggunakan pembersih wajah seperti micellar water, Rizqa juga mengingatkan untuk tidak menggosok dengan kasar. "Micellar water dituang ke kapas. Ditempel dulu ke wajah, setelah itu diusap dengan gerakan ringan ke arah atas," katanya.

Sementara itu, untuk pengaplikasian serum mata, ia menyarankan menggunakan jari manis. “Kiat saat mengaplikasikan serum mata lebih baik pakai jari manis dan dipijat di area tulang mata dari arah bawah ke atas. Jari manis dipilih karena tekanannya tidak sekuat jari yang lain. Area mata itu lebih sensitif dan rapuh, maka treatment-nya berbeda,” tandas Rizqa.