5 Tips Agar Bekerja dari Rumah Tetap Produktif dan Efisien

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan bekerja dari rumah. (Pixabay/Free-Photos)

Ilustrasi perempuan bekerja dari rumah. (Pixabay/Free-Photos)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda sedang mempertimbangkan pilihan bekerja dari rumah? Bila iya, perlu diperhatikan sejumlah persiapan agar pekerjaan tetap bisa dituntaskan sesuai waktu. Tidak seperti bekerja di kantor, ketika Anda mulai bekerja dari rumah Anda bisa dikelilingi oleh gangguan. Mulai dari pekerjaan rumah tangga, tamu, tetangga hingga waktu belanja yang butuh perhatian Anda.

Bagi yang sudah lama memilih pola bekerja dari rumah, tentunya sudah piawai menerapkan trik jitunya. Lain ceritanya bagi pemula, perlu persiapan untuk menciptakan suasana kerja produktif di rumah. Apa sajakah itu?

Berikut lima tips agar bekerja di rumah tetap produktif dan efisien melansir dari laman Times of India

1. Buat ruang kerja khusus di rumah 

Mulailah dengan membangun ruang kerja di rumah Anda. Pilihannya antara menggunakan ruang yang tidak digunakan atau sudut yang nyaman. Pilih tempat yang jauh dari pusat kegiatan di rumah. Misalnya, hindari televisi atau teknologi hiburan lainnya. Pastikan sudut ruangan Anda terlihat seperti kantor. Ada meja khusus, alat tulis, catatan kecil, papan pengingat hingga lampu meja.

2. Buat jadwal

Sama seperti kita saat mematuhi jadwal di kantor, kita juga harus membuatnya ketika bekerja dari rumah. Rencanakan jadwal dengan cermat, sertakan pula waktu tertentu untuk makan siang, rehat kopi, dan istirahat mata. Pastikan Anda mengikuti rutinitas dengan disiplin. Ini mungkin hal yang sulit dilakukan pada awalnya, tetapi Anda akan terbiasa dan lebih mudah mengikuti jadwal.

3. Temukan jam produktif

Ini alah satu keuntungan terbesar bekerja dari rumah. Setiap orang memiliki tingkat produktivitas  kerja dan waktu bekerja terbaik yang berbeda-beda. Misalnya, beberapa orang aktif bekerja di malam hari, sementara yang lain lebih produktif di pagi hari. Tentunya hal itu sedikit menyulitkan saat bekerja di kantor sebab ada patokan waktu kerja yang harus dipatuhi bersama. Tetapi hal itu tidak terjadi saat bekerja di rumah, Anda sendiri yang menentukan  waktu paling produktif dan rancang jadwal di jam tersebut.

4. Berinvestasi dalam teknologi

Bekerja dari rumah mungkin tampak seperti hal termudah dan paling hemat biaya, tetapi Anda tetap perlu berinvestasi dalam teknologi terbaru agar tetap bisa updates dengan dunia dan tempat kerja Anda. Misalnya berinvestasi pada desktop, laptop, tablet atau telepon pintar canggih yang mendukung pekerjaan yang multitasking.

5. Buat daftar tugas dan perencanaan

Ketika tidak memiliki rekan kerja dan atasan untuk mengingatkan tenggat pekerjaan yang ketat, kemungkinan rasa malas Anda meningkat. Ini salah satu tantangan yang harus dihadapi saat bekerja dari rumah. Buatlah daftar perencanaan dan tugas yang harus diselesaikan per hari, minggu, hingga bulanan. Agar Anda mempunyai skema prioritas kerja.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."