5 Cara Membangun Keseimbangan Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berpelukan. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan berpelukan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti kiat yang disarankan menerapkan pola hidup seimbang antara makanan dan olahraga demi menjaga berat badan idel. Dalam menjaga hubungan percintaan juga harus diikuti kesepakatan menyeimbangkan peran Anda dan pasangan.

Di awal hubungan, langit selalu terlihat indah dan bahagia. Seiring berjalan waktu, setiap pasangan akan menghadapi perubahan dan gesekan dalam hubungan. Untuk itulah, dibutuhkan kesepakatan dalam menyeimbangkan peran satu sama lain dalam percintaan. Tujuannya membangun keseimbangan dalam hubungan dan menjaga koneksi yang stabil dengan pasangan Anda.

Berikut ini lima cara membangun keseimbangan hubungan dalam percintaan mengutip dari laman Times of India

1. Berkomitmen yang berkompromi

Ini merupakan sikap positif untuk berkomitmen dan mendedikasikan waktu serta diri Anda ke dalam hubungan. Tapi terkadang, terlalu banyak komitmen bisa melumpuhkan kemampuan Anda untuk menginginkan hal lain. Anda mungkin ingin menginvestasikan waktu untuk bertemu teman atau liburan solo, tetapi Anda ketakutan dengan komitmen penuh. Tak ada salahnya untuk berkompromi. Komitmen penuh mungkin tampak menjanjikan pada awalnya, tetapi seiring waktu itu bisa membebani dan memicu ketegangan kesehatan mental Anda. Oleh karena itu, terapkan komitmen yang penuh kompromi.

2. Berkomunikasi, bukannya mengeluh

Faktor terpenting dalam suatu hubungan adalah komunikasi. Ini adalah proses dua arah, yaitu berbicara dan mendengarkan. Jadi, sangat penting untuk tidak hanya membicarakannya, tetapi juga mendengarkan dengan tulus. Jika ada sesuatu yang mengganggu Anda, alih-alih mengeluh setiap hari dan membuat alasan untuk mengomeli pasangan Anda, jadikan itu sebagai titik untuk menyampaikan pesan Anda melalui komunikasi. Ini salah satu cara produktif dan solusi yang sehat untuk Anda berdua.

3. Bijak dalam berbagi kontrol

Kontrol dalam suatu hubungan bisa memiliki aspek positif dan negatif. Bila Anda terlalu mengendalikan pasangan atau hubungan Anda dapat mengakibatkan ketegangan tertentu sehingga menimbulkan ledakan. Ciptakan kendali atas situasi dan peran yang tidak membatasi kebebasan dan individualitas pasangan Anda.

4. Bergantung satu sama lain, tapi tetap mandiri

Pasangan Anda adalah sosok yang bisa diandalkan. Selalu berbagai masalah, keluh kesah atau bahkan meminta bantuan di saat sulit kepada pasangan merupakan langkah bijak. Namun, Anda harus menahan diri agar terhindar serba ketergantungan dengan pasangan. Sebab jika Anda menjadi terlalu bergantung pada seseorang, Anda tidak hanya membatasi diri untuk tumbuh, tetapi juga membatasi pasangan Anda untuk berkonsentrasi pada hal lain.

5. Menghormati ruang pribadi masing-masing

Ruang pribadi itu harus dihormati di antara pasangan. Bila Anda mulai saling “menyerbu” ruang pribadi masing-masing, berarti Anda melangkah terlalu jauh kepada individualitas masing-masing. Tentunya sangat penting untuk menjaga dan menghormati keunikan pribadi Anda dan pasangan. Dengan begitu, pribadi Anda dan pasangan sama-sama bertumbuh, tidak saling mengecilkan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."