Alis Menipis Karena Sering Dicabut, Awas Ada 3 Sebab Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi alis. Shutterstock

Ilustrasi alis. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara untuk merapikan atau membentuk alis adalah dengan mencabut rambut alis yang berantakan. Dengan cara ini memang membutuhkan waktu agak lama untuk menunggu pertumbuhan rambut baru, bahkan mungkin ada beberapa yang tidak tumbuh kembali.

Hal ini tentu membuat alis terlihat menipis. Padahal kecelakaan kosmetik bukan satu-satunya alasan alis Anda menipis; mungkin ada alasan medis yang membuat alis menipis. Berikut ini penyebab alis menipis dan cara menumbuhkan kembali, seperti dilansir dari laman Women's Health.

1. Penuaan
Penuaan biasanya berkaitan dengan keriput atau garis-garis halus, namun ternyata juga mempengaruhi pertumbuhan alis. “Hal ini karena folikel alis Anda mulai menghasilkan rambut yang lebih tipis seiring bertambahnya usia — seperti halnya folikel di kepala Anda,” ujar Noelani González, MD, direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West. Nyebelin, tapi benar.

2. Masalah tiroid
Jika sepertiga bagian luar alis Anda mulai menjadi MIA, itu mungkin sebenarnya merupakan tanda bahwa Anda mungkin menderita hipotiroidisme, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup, kata Dr. González. Tes darah dapat menentukan apakah ini masalah Anda — dalam hal ini seorang dokter kemungkinan akan meresepkan Anda untuk mengobatinya.

3. Berlebihan mencabut rambut alis
"Setiap rambut terhubung ke pembuluh darah kecil, yang disebut pembuluh kulit, yang membuatnya sehat dan memungkinkannya tumbuh kembali ketika rambut dihilangkan," kata Jared Bailey, Ahli Alis Global dengan Benefit Cosmetics. "Begitu pembuluh pecah, rambut tidak pernah kembali."

4. Kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis
Ketika Anda berurusan dengan suatu kondisi yang mengakibatkan peradangan atau iritasi pada kulit, dapat memiliki efek samping yang tidak menyenangkan yang menyebabkan rambut alis Anda rontok, kata Dr Gonzalez.

Jadi, bagaimana seharusnya merapikan rambut alis yang tidak diinginkan ? "Untuk mencabut dengan benar, Anda harus menarik kulit dengan satu jari dan kemudian mencabut rambut ke arah pertumbuhannya," jelas  Bailey. "Biasanya arah itu adalah ke atas atau ke arah kuil, bukannya lurus."

Sementara jika alis Anda menipis, Dr. González mengatakan ada beberapa pilihan perawatan yang bisa Anda coba untuk mendorong pertumbuhan alis, termasuk solusi resep seperti Latisse dan Lumigan. Jika penyebab alis menipis karena peradangan dokter ahli kulit mungkin juga meresepkan Anda steroid untuk membantu, katanya.

Namun, jika Anda ingin mengisi warna alis Anda dengan cara yang tampak alami, Kristie Streicher, ahli alis dan salah satu pemilik salon STRIIIKE di Los Angeles, merekomendasikan menggunakan pensil non-lilin jika Anda memiliki kulit berminyak atau bubuk jika Anda memiliki kulit kering. "Jika Anda memiliki rambut merah, gunakan warna pirang hangat," katanya. "Jika Anda berambut pirang, gunakan kelabu tua atau abu muda. Berambut cokelat harus menggunakan cokelat sedang, dan  abu-abu atau perak harus menggunakan abu cokelat atau kelabu tua. "

Gunakan sapuan pendek dan ringan untuk memberi warna tepat di atas dan di bawah tempat Anda memiliki area rambut cadangan. Dari sana, pastikan Anda berbaur menggunakan kuas untuk membuat alis terlihat lebih alami, serta gel alis berwarna untuk menambah pemisahan, warna, dan volume. "Ingatlah untuk meninggalkan ruang di antara setiap helai untuk menciptakan ilusi rambut asli," kata Bailey.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."