4 Tips Alami Meluruskan Rambut di Rumah

kecantikan

4 Tips Alami Meluruskan Rambut di Rumah

Rabu, 9 Oktober 2019 19:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita senang tampilan rambut lurus bak model iklan sampo. Jadi, jangan heran bila banyak perempuan yang menempuh perawatan meluruskan rambut di salon ataupun menggunakan alat pelurus rambut di rumah.

Cara meluruskan rambut yang paling instan di rumah dengan alat pelurus rambut atau biasa disebut catok. Namun, banyak hal perlu Anda perhatikan ketika menggunakan alat catok rambut ini, misalnya jangan gunakan pada rambut yang masih basah. Anda juga hanya disarankan menggunakan alat catok paling banyak dua kali seminggu untuk menghindari rambut menjadi kering, pecah, dan bercabang.

Jika ingin tampilan rambut lurus tapi tidak berisiko pada kerusakan rambut, cobalah empat cara alami berikut ini.

1. Memanfaatkan kipas angin

Cara ini mirip dengan penggunaan hair dryer yang meniupkan udara panas ke rambut Anda, hanya bedanya kali ini Anda menggunakan kipas angin yang meniupkan udara dengan suhu ruangan. Namun, langkah ini hanya bisa dilakukan saat rambut Anda dalam keadaan lembap sehabis keramas. Selain itu, Anda juga membutuhkan kondisioner atau serum khusus rambut untuk menghasilkan efek rambut lurus sekaligus berkilau.

2. Menggunakan pembungkus rambut

Membungkus rambut dengan turban atau pembungkus rambut khusus yang terbuat dari bahan satin adalah salah satu cara meluruskan rambut secara alami yang sudah lebih populer. Anda juga membutuhkan penjepit rambut yang panjang untuk mengeksekusi cara ini.

Pertama-tama, sisir rambut Anda sampai tidak kusut, kemudian bagi rambut menjadi beberapa bagian. Putar salah satu bagian rambut berlawanan dengan arah jatuhnya rambut. Jika rambut Anda panjang, pemutaran rambut ini bisa saja menutupi seluruh area kepala Anda.

Setelah itu, jepit rambut (bila perlu dengan beberapa jepitan) dan pastikan ia tidak bergeser. Lakukan langkah ini hingga semua bagian rambut habis, kemudian bungkus kepala dengan turban atau kain satin dan biarkan semalaman.

3. Menggunakan roller plastik

Di toko online, terdapat roller plastik dengan ukuran jumbo yang biasa digunakan untuk meluruskan rambut keriting. Cara pakainya mirip dengan langkah sebelum menggunakan turban di atas, kemudian biarkan rambut dalam posisi tersebut minimal dua jam.

4. Memakai masker rambut

Masker rambut mirip dengan creambath, hanya saja nutrisi yang digunakan pada proses ini meresap lebih dalam sehingga rambut Anda akan terlihat lebih lurus dan berkilau. Ada banyak bahan yang diolah menjadi masker rambut, tapi Anda bisa memilih masker yang terbuat dari madu dan alpukat.

Beberapa bahan alami yang dipercaya bisa mempertahankan kondisi rambut lurus adalah beberapa jenis minyak esensial, misalnya minyak kelapa, minyak almond, maupun minyak macadamia. Namun jika cara meluruskan rambut di atas tidak berhasil, atau Anda merasa hasilnya tidak maksimal, terdapat cara lain yang bisa Anda lakukan.

Ada cara ampuh untuk meluruskan rambut, yaitu dengan menggunakan kosmetik rambut yang mengandung zat khusus untuk meluruskan rambut. Produk ini pada dasarnya bekerja dengan memecah keratin pada rambut, kemudian menggunakan bahan kimia lain untuk membentuk kembali keratin tersebut sesuai bentuk rambut yang diinginkan.

SEHATQ