Mandi Air Hangat Buat Bayi Tidur Lebih Nyenyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayi mandi. sheknows.com

Ilustrasi bayi mandi. sheknows.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mandi air hangat salah satu pilihan untuk kita saat letih menerpa atau berada di wilayah yang berhawa dingin. Bagaimana bila kita bepergian dengan bayi di wilayah berhawa dingin, apakah bayi aman mandi air hangat? Pasti ada sedikit kekhawatiran di dalam benak Anda, mengingat kita selalu diingatkan kulit bayi sangat sensitif. Faktanya, bayi boleh mandi air hangat dengan syarat tertentu, menurut pandangan dokter kulit.

Spesialis kulit Srie Prihianti Gondokaryono menjelaskan manfaat mandi air hangat pada anak berhubungan dengan kelembapan kulit. "Mandi dengan air hangat dapat membantu menjaga kelembapan kulit karena suhu air yang terlalu dingin dan terlalu panas akan membuat kulit jadi kering," kata Srie.

Ia mengatakan mandi air hangat juga membantu bayi menjaga suhu tubuh. Efek relaksasi yang dirasakan orang dewasa juga berlaku pada bayi setelah mandi air hangat. "Sehingga bayi dapat beristirahat dan tidur nyenyak," tutur Srie.

Di Indonesia, yang termasuk negara tropis, mandi dua kali sehari penting untuk kesehatan dan kebersihan karena cuaca membuat kulit senantiasa berkeringat. Srie melanjutkan, suhu air mandi yang ideal adalah yang sesuai dengan suhu tubuh, yakni 36- 37 derajat celcius. Jika perlu, ketahui suhu air dengan alat ukur yang pasti, bukan cuma mengandalkan perasaan ketika memanaskan air dengan cara memasak di kompor.

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."