5 Trik Mix and Match Busana Kerja untuk Perempuan Berhijab

kecantikan

5 Trik Mix and Match Busana Kerja untuk Perempuan Berhijab

Rabu, 9 Oktober 2019 11:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Industri fashion muslim di Indonesia terus melesat hingga lima tahun terakhir. Beragam karya dari desainer maupun fashionpreneur menawarkan kreasi busana muslimah. Dengan begitu, perempuan hijab memiliki banyak pilihan dalam mix and match atau padu padan busana.

 “Tren mode muslim di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat di era digital dengan keberadaan e-commerce. Pada kuartal ketiga tahun 2019, Tokopedia mencatatkan pertumbuhan jumlah transaksi lebih dari 60 persen untuk kategori fashion muslim dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, industri fashion muslim pun semakin berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Tanah Air,” tulis Business Partnership Lead (Fashion) Tokopedia, Laurensia Anindita dalam keterangan resmi yang diterima Tempo.

Tidak kalah dengan model baju kerja pada umumnya, pilihan baju untuk perempuan karier yang berhijab kian semakin beragam. Mulai dari busana formal seperti blazer hingga model semi-formal seperti gamis.

Simak lima tips padu padan busana kerja untuk muslimah ala Tokopedia agar tampil kian modis.

1. Memadukan gamis polos dengan blazer atau kardigan

Sebagai salah satu produk paling populer di kategori fashion muslim di Tokopedia, gamis perempuan yang biasa dikenakan oleh para muslimah kini tidak lagi hanya bisa dikenakan untuk momen-momen tertentu. Perempuan karier berhijab juga bisa memanfaatkan gamis untuk tampil modis saat pergi ke kantor, cukup dengan memilih warna yang serasi antara baju dengan hijab yang akan pakai.

Blazer bisa menjadi pilihan utama untuk tampil kasual sekaligus tetap rapi. Tersedia banyak pilihan blazer dengan potongan yang lebih santai atau terbuat dari bahan-bahan yang memberi kesan jatuh saat dikenakan.

Muslimah bisa padukan blazer sebagai pakaian luar dengan rok panjang maupun celana agar berpenampilan lebih rapi dan profesional. Selain blazer, banyak model outerwear lainnya seperti kardigan atau rompi yang dapat memodifikasi gamis semakin modern.

2. Memakai busana kerja yang berwarna

Warna busana bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah gaya busana agar terlihat trendi dan elegan. Atasan bermotif bisa terlihat modis jika dipakai bersama bawahan polos, atau sebaliknya. Gamis polos pun akan cocok bila dipadukan dengan kerudung bermotif. Agar terpadu dengan baik, disarankan memakai gamis berwarna polos dengan salah satu warna di kerudung bermotif, sehingga gaya busana kerja tetap serasi.  

Bila ingin berkreasi dengan warna, para muslimah dapat memilih beberapa kombinasi warna yang aman dan serasi. Warna gelap seperti abu-abu, biru tua atau cokelat termasuk pilihan aman yang bisa dipakai saat pergi ke kantor. Kombinasi warna ini tidak akan membuat muslimah terlihat mencolok, tetapi akan terlihat lebih modis dan sederhana. Jika busana muslim yang dipakai sudah terlihat banyak detail dan warna, maka untuk tampilan jilbab yang dikenakan sebaiknya terlihat lebih sederhana.

Iustrasi perempuan berhijab memakai aksesori kalung dan gelang model layering. (Unsplash/Katsiaryna Endruszkiewicz)

3. Menggunakan aksesori untuk lingkungan kerja yang lebih santai

Bagi perempuan berhijab yang bekerja di lingkungan yang semi-kasual, celana jeans berwarna gelap termasuk pilihan yang bisa dipertimbangkan. Agar bawahan tidak terlihat terlalu ketat, disarankan memilih celana jeans berpotongan straight-cut atau wide leg.

Muslimah dapat menambah gaya pada pakaiannya dengan aksesori seperti ikat pinggang. Ukuran ikat pinggang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Aksesori lainnya seperti kalung atau cincin bisa digunakan sebagai variasi gaya. Namun, disarankan untuk tidak menggunakan aksesori yang berlebihan ketika pergi ke kantor agar tetap terlihat sederhana.

4. Mengenakan kemeja dengan celana dan sepatu tinggi

Memakai celana dan kemeja panjang bisa membuat siapa pun terlihat lebih modis dan elegan. Kedua pakaian ini juga bisa dipadukan dengan hampir semua warna atau gaya hijab. Untuk lingkungan kerja yang lebih santai, perempuan berhijab bisa memakai jeans atau kulot. Saat ini banyak model kemeja yang stylish sehingga muslimah bisa terlihat lebih segar saat dipadu padan.

Muslimah juga dapat memadukan kemeja bermotif dengan bawahan yang polos agar tidak terlalu mencolok. Untuk model hijabnya, muslimah bisa memakai hijab segiempat sederhana atau pashmina sesuai selera. 

Warna jilbab yang lebih gelap dari celana bisa membuat wajah muslimah terlihat lebih bersinar. Untuk memaksimalkan penampilan feminin, sepatu hak tinggi bisa dijadikan pilihan agar kaki terlihat lebih jenjang. Disarankan memilih warna netral seperti hitam atau nude.

5. Mengenakan rok sebagai pengganti celana

Bagi muslimah yang lebih senang menggunakan rok, disarankan untuk mengenakan rok longgar agar leluasa bergerak. Rok berbentuk A-line panjang termasuk pilihan yang cocok untuk busana kerja agar terkesan profesional dan modis. Rok panjang bisa dipadukan dengan blus atau syal berbahan kain seperti satin dan sutra. Untuk tampilan yang lebih formal namun tetap santun, muslimah memasukkan blus bahan satin ke dalam rok serta dipadukan dengan blazer yang serasi.