6 Tes Bedakan Madu Asli dan Palsu, Termasuk Tes Air

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kurma dan madu. shutterstock.com

Ilustrasi kurma dan madu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Khasiat madu di dunia kesehatan dan kecantikan sudah terbukti mulai antibakteri, atasi kulit kering hingga menurunkan risiko kanker. Tapi Anda perlu berhati-hati memilih madu yang baik karena begitu banyak madu oplosan yang beredar di pasar. Banyak madu yang diklaim 100 persen alami, nyatanya dicampur sirup pemanis atau cairan pengental yang lain. Maka dari itu, memahami ciri madu asli adalah kunci agar Anda mendapat madu terbaik.

Agar tidak tertipu saat membeli, ada baiknya Anda pahami enam cara untuk mengetahui ciri madu asli berikut ini.

1. Tes air

Dengan sendok teh, ambil madu dan tuangkan ke dalam gelas berisi air. Madu palsu akan larut dalam air. Jika bercampur ke dalam air, madu asli akan menjadi gumpalan dan mengendap di bagian bawah gelas.

2. Tes ibu jari

Letakkan sedikit madu di ibu jari. Apakah madunya menetes atau menyebar ke permukaan lainnya? Jika hal ini terjadi, madu yang Anda beli kemungkinan tidak murni. Ciri-ciri madu asli ialah teksturnya yang kental serta tidak berair. Selain itu, madu asli memiliki tekstur lengket, ketika menyentuh apapun akan menempel dan tidak menetes.

3. Tes kain putih dan kertas blotting

Coba tuangkan satu sendok madu ke atas kain putih atau kertas blotting. Madu palsu cenderung akan menembus kain atau kertas hingga meninggalkan noda. Sementara itu, madu asli tidak menembus kain atau kertas. Noda pun tidak tertinggal.

4. Tes bakar

Ciri madu asli lainnya yakni mudah terbakar. Walau demikian, jangan lakukan tes ini tanpa persiapan. Ambil korek api batang dan celupkan ke dalam madu. Jika ketika dinyalakan, batang korek api terbakar, maka madu yang menempel pada batangnya itu asli. Jika tidak, bisa jadi madu tersebut sudah dipalsukan dan mengandung zat tambahan yang tidak murni.

5. Tes panas

Jika Anda memanaskan madu murni, maka teksturnya akan berubah menjadi karamel dan tidak berbusa. Akan tetapi, jika madu palsu dipanaskan, teksturnya tidak berubah, hanya memanas layaknya air.

Sebenarnya, Anda bisa melihat perbedaan madu asli dan palsu hanya dengan mata telanjang saja. Seperti tekstur yang padat namun tetap lembut, juga aroma yang manis.

6. Tes cari suka

Campurkan sedikit madu, air dan 2-3 tetes sari cuka. Jika berbusa, kemungkinan besar madu Anda palsu.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."