3 Manfaat Kacang Merah, Di Antaranya Turunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang merah. shutterstock.com

Ilustrasi kacang merah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kacang merah kaya gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya kacang merah menjadi bahan makanan seperti sup kacang merah, campuran untuk rendang bahkan diolah menjadi es kacang merah. 

Bahan makanan ini kaya dengan protein, karbohidrat rilis lambat atau energi dilepaskan dengan perlahan, serta serat pangan. Tak hanya itu, kacang merah juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, serta molekul antioksidan seperti isoflavon. Kacang merah pun bisa jadi pilihan menu diet, karena para ahli juga menemukan khasiatnya untuk menurunkan berat badan.

Sejumlah manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, memasukkan kacang merah ke dalam menu diet, bisa dilakukan. Sebab, banyak sekali penelitian ilmiah yang menemukan, konsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang merah, bisa membantu penurunanan berat badan.

Kandungan gizi kacang merah, seperti protein, serat pangan, dan antinutrien, diperkirakan memberikan kontribusi positif tersebut. Selain itu, kacang merah juga mengandung sejenis protein, untuk memperlambat pencernaan karbohidrat, yang secara tidak langsung memberikan efek pengurusan berat badan.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat memicu beragam masalah pada tubuh. Sebab itu, Anda wajib menjaga dan melakukan pengecekan kadar gula darah. Namun, Anda bisa menjaga kadar gula darah, dengan mengonsumsi kacang merah. 

Kandungan protein, serat, dan karbohidrat yang dirilis lambat di dalamnya, bisa membantu tubuh mengontrol gula darah. Kacang merah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga lebih lambat dalam menaikkan kadar gula darah.

3. Mencegah kanker usus besar
Beberapa riset melalui pengamatan, riset pada hewan, dan penelitian uji tabung juga menemukan, potensi manfaat kacang merah untuk mencegah kanker usus besar. Kanker usus besar sendiri merupakan salah satu jenis kanker, yang umum terjadi secara global.

Kacang-kacangan, seperti kacang merah, mengandung zat gizi seperti serat, yang memiliki potensi memberikan efek antikanker. Beberapa jenis serat di kacang merah, dapat difermentasikan oleh bakteri baik, yang hasilnya akan membentuk asam lemak serupa asam lemak rantai pendek (SCFA) yang dapat membantu menjaga kesehatan usus, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

Tapi selain manfaatnya, Anda harus hati-hati mengonsumsi kacang merah. Sebab, kacang merah memiliki sifat racun, kandungan antinutriennya, serta berisiko menyebabkan perut kembung.

Kacang merah mentah mengandung racun, yang disebut phytohaemagglutinin. Kandungan ini ditemukan juga pada jenis kacang lain, tapi kadarnya sangat tinggi di kacang merah. Dengan merendam dan memasak bahan makanan ini, dapat menghilangkan sebagian besar racun tersebut. Sebelum mengonsumsinya, Anda harus merendam kacang merah minimal lima jam. Kemudian, rebuslah kacang merah pada suhu 100 derajat Celcius, setidaknya selama 10 menit.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kandungan Antinutrien, sebab kandungan ini dapat menghambat penyerapan zat gizi lain. Walau terkadang bermanfaat, kandungan nutrien juga dapat menjadi masalah, terlebih bagi masyarakat yang menyantap kacang-kacangan sebagai makanan pokok.

Bagi beberapa orang, kacang merah dapat menimbulkan efek tidak menyenangkan. Efek tidak menyenangkan tersebut dapat berupa perut kembung hingga diare. Merendam dan memasaknya dengan benar, dapat menyingkirkan zat pemicu perut kembung dan diare tersebut, walau sifatnya hanya sebagian.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."