Kenali 7 Gejala Gamophobia, Takut Menikah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menolak cinta/lamaran seorang pria. shutterstock.com

Ilustrasi wanita menolak cinta/lamaran seorang pria. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita mengenal beragam fobia atau kecemasan dan ketakutan terhadap sesuatu. Contohnya, claustrophobia yang cemas dan panik saat berada di ruangan sempit. Adapula acrophobia yang takut dengan ketinggian. Tapi apakah Anda sudah tahu gamophobia? Ini bentuk takut menikah dan berkomitmen dalam hubungan jangka panjang yang serius

Bagi sebagian besar orang, menikah dan membangun keluarga adalah sebuah impian yang harus terwujud. Namun penderita gamophobia justru takut dan menolak pemikiran atau ide untuk menikah dan berkomitmen.

Namun, takut menikah bukanlah satu-satunya indikasi seseorang memiliki. gamophobia. Berikut adalah beberapa ciri dari penderita gamophobia.

1. Penuh ketidakpastian

Penderita gamophobia lebih sering menggunakan kata ‘mungkin’ daripada orang normal kebanyakan. Contohnya, penderita akan lebih cenderung berkata ‘saya mungkin akan pulang jam 5’ daripada ‘saya akan pulang jam 5’.

Selain itu, penderita gamophobia juga sulit untuk diprediksi perilaku dan suasana hatinya (mood). Pasangan bisa saja terlihat gembira, tetapi keesokan harinya menghindari Anda.

2. Sulit mengekspresikan diri

Penderita gamophobia umumnya memiliki kesulitan dalam mengekspresikan perasaannya dan bahkan terkadang merasa takut untuk mengungkapkan emosi yang dirasakan, karenanya penderita akan sulit untuk mengucapkan kata ‘cinta’ kepada pasangan.

3. Aktif secara seksual

Penderita gamophobia memiliki keinginan untuk menjalin hubungan yang intim, tetapi keinginan tersebut tidak bisa diraih dengan menjadi dekat dengan pasangan, karenanya penderita akan mengkompensasikannya dengan berhubungan seksual. 

4. Status hubungan yang tidak jelas

Bila Anda berada dalam hubungan romantis dengan penderita gamaophobia, maka kemungkinan Anda bahkan belum yakin dengan status hubungan bersama pasangan, meskipun sudah bertahun-tahun bersama dengannya.

Penderita gamophobia juga jarang ingin membicarakan hal-hal yang penting mengenai hubungan bersama Anda. Bahkan pasangan Anda mungkin tidak suka menggunakan label ‘pacar’ yang menunjukkan suatu hubungan yang berstatus.

5. Sulit membuat janji untuk kencan atau diajak menghadiri pesta

Penderita gamophobia sulit untuk menjadwalkan hari kencan dari jauh hari dan umumnya lebih sering mengajak kencan secara dadakan. Penderita juga terkadang sulit untuk diajak menghadiri pesta dan menunjukkan ketidakpastian akan menghadiri pesta tersebut.

6. Hubungan romantis masa lalu yang singkat

Takut menikah memang salah satu ciri utama penderita gamophobia, tetapi hubungan romantis yang singkat antara pasangan dengan mantan bisa menjadi suatu peringatan akan kemungkinan pasangan mengalami gamophobia.

Hal ini akan semakin jelas mengindikasikan adanya ketakutan dalam berkomitmen apabila hubungan romantis singkat yang dimiliki pasangan tidak hanya satu hubungan, tetapi banyak.

7. Tidak punya banyak teman dekat

Penderita gamophobia mungkin punya banyak teman, tetapi penderita tidak memiliki banyak teman dekat yang bisa diajak mencurahkan hati dan berdiskusi.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."