6 Gerakan Olahraga Mengencangkan Otot Paha, Termasuk Pile Squat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi gerakan squat. Unsplash.com/Gesina Kunkel

Ilustrasi gerakan squat. Unsplash.com/Gesina Kunkel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan anggota tubuh paha yang terlalu besar dapat mengganggu Anda berjalan dan tentu saja mengganggu penampilan. Namun Anda tidak usah khawatir karena ada beberapa gerakan olahraga untuk mengecilkan paha yang sederhana dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Paha yang kelebihan lemak terbentuk ketika Anda terlalu banyak memasukkan kalori ke dalam tubuh dan tidak diimbangi dengan pembakaran kalori itu sendiri. Penimbunan kalori ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun, tapi biasanya ada faktor genetik yang berperan di dalamnya. Pada wanita, kelebihan lemak ini memang biasanya disimpan di pinggul, perut bagian bawah, dan paha bagian dalam.

Pada dasarnya, Anda harus membakar lemak tubuh secara keseluruhan agar lemak di dalam tubuh terbakar dan tubuh terlihat langsing, termasuk bagian paha. Caranya, kurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh ditambah dengan melakukan olahraga tertentu untuk mempercepat dan menambah jumlah kalori yang dibakar di dalam tubuh.

Walaupun olahraga yang diklaim bisa mengecilkan paha adalah mitos, Anda tetap disarankan melakukan gerakan-gerakan tersebut untuk memperkuat otot paha. Penguatan otot paha memiliki efek jangka panjang bagi kesehatan Anda, misalnya menstabilkan lutut yang mencegah Anda menderita sakit sendi di usia lanjut.

Berikut ini sejumlah gerakan untuk menguatkan otot paha. 

1. Lompat kodok

Seperti namanya, gerakan olahraga mengecilkan paha ini dilakukan seperti ketika kodok melompat. Meski terlihat sederhana, gerakan ini efektif memperkuat otot paha, pinggul, dan perut. Berdiri posisi badan setengah jongkok dengan kaki meregang lebar dan kedua tangan menjulur ke depan. Tahan posisi itu selama dua detik. Lompat seperti kodok. Mendaratlah dengan posisi badan seperti semula.

2. Glute kickbacks

Selain memperkuat otot paha, gerakan ini juga dapat mengencangkan otot perut. Lakukan 10-15 kali pengulangan pada masing-masing kaki. Awalnya, posisikan badan Anda seperti ingin push-up. Regangkan kaki kanan dengan posisi tumit selurus mungkin berdiri tegak ke atas. Tahan posisi ini beberapa detik. Lakukan langkah yang sama dengan kaki kiri.

3. Burpee

Gerakan ini melibatkan hampir semua otot di tubuh Anda. Lakukan 10-20 kali per hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Posisikan diri Anda seperti ingin melakukan squat dengan telapak tangan menyentuh tanah. Rentangkan kaki ke belakang sehingga posisi badan sejajar dengan tanah, tapi tidak menyentuhnya. Kembalikan kaki ke posisi squat.

4. Jumping jacks

Gerakan ini cukup sederhana, yakni dengan mengangkat tangan di atas kepala dan membukanya lebar-lebar, begitu pula dengan posisi kaki yang mengangkang. Setelah itu, lompat setinggi mungkin. Lakukan gerakan ini setidaknya 5 kali. 

5. Sumo squat

Gerakan olahraga untuk mengecilkan paha ini juga bisa digunakan untuk mengencangkan bokong dan memperkuat otot perut. Regangkan kedua kaki selebar mungkin. Angkat ujung kaki sehingga Anda dalam posisi berjinjit. Tekut juga lutut Anda 90 derajat. Tahan posisi itu selama beberapa detik.

6. Pile squat

Gerakan ini mirip dengan sumo squats, hanya saja ujung kaki Anda tidak berjinjit. Dalam posisi setengah jongkok dan tangan di pinggang, angka badan Anda hingga berdiri, kemudian kembali ke posisi semula.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa melakukan gerakan olahraga lain untuk membakar lemak dan mengecilkan paha, misalnya lari. Hal yang paling penting gerakan-gerakan tersebut juga harus dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."