Resolusi Sehat 2019: Lakukan 6 Gerakan Squat Pengencang Bokong

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Squatting partially. boldsky.com

Squatting partially. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun 2019 tinggal menghitung hari. Tentukan apa saja yang membuat tahun depan berbeda dari tahun ini melalui daftar resolusi. Salah satu cita-cita yang harus masuk daftar adalah resolusi kesehatan.

Baca: Tips Kelly Tandiono Buat Kamu yang Olahraganya Bolong-bolong

Selain memilih makan makanan yang sehat, pilihan olahraga juga menarik dipertimbangkan. Coba cek bagian tubuhmu yang membutukan perbaikan dengan cara berlatih. Kalau area bokong dan paha termasuk, maka sebaiknya kamu melakukan 6 gerakan squat berikut ini.

1. Static Squat
Jika malas melakukan gerakan squat yang ribet, kamu bisa melakukan gerakan static squat. Buka kaki kemudian turunkan tubuh ke posisi squat dengan kedua tangan menyilang seraya memegang bahu.

Gerakan static squat dapat melatih ketahanan otot kaki, bokong, paha dan perut. (Tabloidbintang.com)

Tahan posisi tersebut selama 30 sampai 60 detik kemudian perlahan berdiri tegak. Lakukan sebanyak 3 kali untuk melatih ketahanan otot kaki, bokong, paha, dan perut.

2. Pose Kursi
Gerakan ini terinspirasi gerakan yoga utkatasana. Awali dengan berdiri kemudian mendorong lutut ke depan seperti sedang duduk. Angkat tangan ke depan atau ke atas dengan pandangan lurus ke depan.

Saat di posisi ini, pastikan kedua paha mengatup dan tahan selama 30 sampai 60 detik. Lakukan sebanyak 3 kali repetisi untuk melatih stamina, membentuk otot tubuh bagian bawah, dan tangan.

3. Surfing Squat
Bosan dengan gerakan squat yang itu-itu saja? Cobalah surfing squat. Caranya, berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan lurus ke depan, kemudian turunkan tubuh seperti posisi squat biasanya.

Dorong pinggang ke sisi kiri sementara bagian atas tubuh bergerak ke kanan. Setelah itu lakukan gerakan serupa ke arah sebaliknya. Lakukan sebanyak 10 kali dengan 3 kali pengulangan.

4. Plie Squat dengan Calf Raise

Plie squat dengan calf raise merupakan variasi gerakan squat yang efektif melatih pinggul dan paha. Untuk melakukannya, ambil posisi berdiri dengan kedua kaki ditekuk 90 derajat ke samping tubuh sedangkan tangan berkacak pinggang. Berjinjitlah dan kembali ke posisi kaki semula. Lakukan sebanyak 10 kali dengan 5 repetisi.

5. Bulgarian Split Squat

Manfaatkan kursi kecil di rumah sebagai tumpuan kaki saat melakukan bulgarian split squat. Awali dengan berdiri tegak di depan kursi, letakkan kaki kiri di atas kursi sementara kedua tangan di belakang leher. Gerakkan tubuh ke bawah kemudian berdiri tegak kembali. Lakukan sebanyak 15 kali, lalu berganti posisi dari sisi lain.

6. Pistol Squat
Pistol squat termasuk gerakan squat yang menantang. Caranya, berdiri tegak, kaki kiri diangkat dengan posisi lurus ke depan bersama kedua tangan. Turunkan tubuh dengan kaki kiri tetap lurus ke depan tanpa menyentuh tanah.

Lakukan sebanyak 10 kali lalu ganti menggunakan kaki kanan. Gerakan ini untuk melatih kekuatan kaki, paha, dan perut. Jika tidak sanggup, maka Anda bisa melakukan pistol squat dengan bersandar pada dinding.

AURA

Artikel lainnya:
Kelebihan Olahraga Berkelompok Dibanding Sendiri, Bikin Semangat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."