Kiat Mencuci dan Menyimpan Jeans, Termasuk Jangan Sering Dicuci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jemuran jeans. Unsplash.com/Bruno Nascimento

Ilustrasi jemuran jeans. Unsplash.com/Bruno Nascimento

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang suka memakai celana jeans dalam berkegiatan sehari-hari. Selain cocok dipadukan dengan apa saja, celana ini juga tidak mudah kotor. Jadi, jeans bisa dikenakan berkali-kali tanpa harus dicuci. 

Para pakar mengatakan memang sebaiknya jeans tidak sering-sering dicuci jika ingin tahan lama. Alasannya, air dan deterjen dapat merusak warna maupun serat jeans. Kalaupun dicuci, perlakuannya pun harus khusus.

"Kami sarankan jarang sering mencuci jeans. Saat mencuci pun gunakan air dingin, lalu jemur,” kata Jill Guenza, Wakil Presiden Desain Wanita Global di Levi's, seperti dilansir dari laman Marie Claire.

Kelly Urban, Pendiri dan Desainer AMO, mengatakan bahwa semakin jarang dicuci akan semakin baik. Sebab, jeans secara alami akan membentuk pola pakaian yang unik sesuai bentuk tubuh Anda.

“Paling lama saya menggunakan jeans yang tidak dicuci selama enam bulan, itu karena raw jeans. Tapi untuk yang bukan raw jeans, saya biasanya mencucinya setelah tiga kali digunakan,” ujar Kelly.

Senada dengan dua orang itu, Wakil Presiden Senior Desain Wanita di American Eagle, Molly Kuick, merekomendasikan jangan sering-sering dicuci. Selain itu, biarkan celana jeans bernapas dengan menggantungnya, bukan disimpan di laci atau di lemari.

“Untuk jaket jeans dan rompi denim, cobalah untuk tidak menggantungnya di lemari yang penuh sesak. Gantunglah di tempat yang memungkinkan udara keluar-masuk dan mencegah bau juga,” tutur Molly.

Meskipun berbahan tebal, mencuci jenas ternyata tidak sembarangan. Bahkan ada yang mengatakan sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci.

Tapi Molly Spittal, Co-Founder of Decade, mengatakan bahwa sebenarnya sebagian besar jeans yang dijual sudah dicuci dengan mesin industri saat proses pembuatan. Jadi, mesin cuci rumahan seharusnya tidak terlalu mempengaruhi bahan.

Tapi lain halnya dengan raw jeans yang bahannya langsung diambil dari mesin tenun, tanpa diolah terlebih dahulu. “Jika Anda membeli raw jeans, saya sarankan cukup merendamnya di dalam bak semalaman tanpa dikucek. Bilas dan keringkan. Mencuci raw jeans di mesin cuci akan mengubah tampilan dan nuansa pakaian secara dramatis,” tuturnya.

Saran lainnya adalah mencuci jeans adalah menggunakan air dingin. Setelah dicuci sebaiknya tidak dikeringkan dengan mesin atau diperas. Langsung saja digantung di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."