Pakai Kawat Gigi? Ahli Menyarankan Anda Menghindari Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mila Novita

google-image
Ilustrasi permen karet. shutterstock.com

Ilustrasi permen karet. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak semua orang dilahirkan dengan gigi yang rapi sempurna. Untungnya masalah itu bisa diatasi dengan teknologi, salah satunya menggunakan kawat gigi atau behel.

Memasang kawat gigi mudah, tetapi makan dengan kawat gigi bisa menjadi sangat menakutkan. Banyak orang yang kesulitan makan di masa awal mereka menggunakan kawat gigi. Kalaupun bisa makan, hanya makanan-makanan tertentu saja yang bisa dikonsumsi tanpa masalah.

Orang yang menggunakan kawat gigi disarankan makan makanan yang cair atau kurang bertepung. Selain itu, orang sering mencari makanan yang bisa mereka makan dengan mudah tanpa mengunyahnya karena khawatir meninggalkan partikel makanan dari kawat gigi. Jadi, sebaiknya makanan apa saja yang sebaiknya dihindari?

Menghindari makanan yang lengket dan manis sangat penting jika Anda menggunakan kawat gigi. Alasannya, makanan ini dapat mengganggu proses perbaikan gigi. 

Menurut para ahli, seperti dari laman Times of India, Jumat, 27 September 2019, berikut beberapa makanan yang harus dihindari pengguna kawat gigi. 

1. Makanan dan minuman panas

Meminum minuman panas dan makan makanan yang sangat panas benar-benar dapat merusak kawat gigi Anda. Apalagi makanan ini justru bisa memengaruhi kawat logam. Oleh karena itu, sebaiknya minum atau makan hanya setelah makanan berubah menjadi suhu ruangan normal.

2. Makanan manis

Siapa yang tidak suka makanan manis? Sayangnya makanan ini bisa mengganggu proses perbaikan gigi. Terlebih lagi, makanan manis juga dapat menyebabkan perkembangan gigi berlubang. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menghindarinya. Cokelat dan permen adalah larangan keras untuk membuat kawat gigi.

3. Makanan berwarna

Kawat gigi dipakai untuk membuat gigi Anda sempurna. Makan terlalu banyak makanan berwarna pada akhirnya dapat merusak warna gigi Anda dan mempengaruhi kawat gigi. Lebih baik menghindari makanan dengan terlalu banyak warna dan bumbu seperti kunyit dan pewarna buatan.


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."