4 Buah yang Ampuh Mengatasi Jerawat, Ada Beri dan Lemon

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

kecantikan

4 Buah yang Ampuh Mengatasi Jerawat, Ada Beri dan Lemon

Jumat, 27 September 2019 15:20 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Hampir setiap orang pernah memiliki jerawat di wajahnya. Sebagian bisa hilang dengan cepat, sebagian lagi sampai bosan dengan berbagai cara untuk mengatasinya. 

Salah satu cara mengatasi jerawat adalah banyak makan buah. Mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan ternyata sangat disarankan oleh para ahli dan peneliti. 

Berikut adalah empat buah yang bisa mengatasi jerawat, seperti yang dilansir dari Health Line dan Medical News Today.

1. Lemon

Sudah tidak diragukan lagi bahwa jus lemon segar sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid yang ampuh mengencangkan pipi kendur, menghilangkan jerawat hingga mencegah kanker kulit.

2. Labu

Banyak orang yang belum tahu tentang khasiat labu untuk menangkal jerawat. Padahal, kandungan enzim seng dan asam hidroksi alfa pada labu bisa melembutkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH. Ia juga bisa dapat mengatur jumlah produksi minyak yang sering dikaitkan dengan munculnya jerawat.

3. Beri

Stroberi, ceri, rasberi dan blueberi adalah jenis beri yang sangat baik untuk kesehatan wajah Anda. Hal ini disebabkan oleh tingginya vitamin C dan antioksidan pada buah-buahan tersebut. Dimana vitamin C selalu dihubungkan dengan senjata yang ampuh melawan kulit berjerawat. Sementara antioksidan dapat bertindak sebagai pengelupas alami untuk bintik dan noda bekas jerawat.

 
 

4. Pepaya

Pepaya dikenal mengandung enzim papain. Bagi kulit wajah, ia cukup kuat untuk mengeksfoliasi sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, memudar bekas jerawat, melembabkan kulit hingga mencegah timbulnya jerawat di masa mendatang. Kandungan vitamin dan mineralnya juga bisa meningkatkan elastisitas kulit serta menghilangkan tampilan garis-garis halus dan kerutan.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | HEALTHLINE | MEDICALNEWSTODAY