Selain Atasi Stres, Ada 10 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menangisi foto mantan kekasihnya. shutterstock.com

Ilustrasi wanita menangisi foto mantan kekasihnya. shutterstock.com

IKLAN

6. Menenangkan diri

Manfaat menangis yang juga dikenal adalah untuk menenangkan diri. Menangis mengaktivasi sistem saraf pusat parasimpatetik yang membantu tubuh untuk beristirahat. Namun, efeknya baru dapat dirasakan ketika Anda telah menangis selama beberapa menit.

7. Memperbaiki suasana hati

Jangan tahan tangisan yang ingin dikeluarkan, karena manfaat menangis dipercaya dapat meningkatkan mood. Ketika Anda sedang menangis, Anda akan menarik banyak napas yang cepat yang dapat mengatur dan menurunkan suhu otak.

Suhu otak yang lebih sejuk akan mampu membuat pikiran dan tubuh lebih baik yang akhirnya dapat meningkatkan suasana hati Anda.

8. Membantu untuk mengatasi kesedihan

Rasa duka karena ditinggalkan orang-orang yang dikasihi atau kehilangan sesuatu yang berharga dapat menimbulkan rasa sedih, marah, bersalah, dan kebas. Menangis merupakan salah satu proses yang perlu dialami untuk mengatasinya.

Manfaat menangis adalah untuk membantu Anda melalui rasa kehilangan dan sedih yang dialami, tetapi apabila kesedihan yang dialami berkepanjangan dan menganggu aktivitas sehari-hari, maka konsultasikanlah ke psikolog, psikiater, atau konselor.

9. Detoksifikasi tubuh

Saat Anda menangis, air mata yang dikeluarkan berisi racun-racun dan hormon stres. Manfaat menangis diyakini mampu mengeluarkan racun-racun dan hormon stres tersebut dari dalam tubuh.

Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menilik manfaat menangis dalam mendetoks tubuh

10. Meningkatkan penglihatan

Sebenarnya setiap Anda berkedip, terdapat air mata yang disebut air mata basal, yang membantu untuk melembapkan mata dan menghindari membran mukus pada mata mengering.

Mata yang lembap akan membantu Anda untuk melihat dengan jelas, ketika membran pada mata mengering maka penglihatan akan menjadi kabur.

11. Melawan bakteri

Manfaat menangis yang tidak kalah dari manfaat-manfaat menangis lainnya adalah untuk membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata. Hal ini karena air mata mengandung cairan lysozyme. Cairan tersebut merupakan senyawa antibakteri yang dapat menurunkan risiko terinfeksi bakteri-bakteri yang digunakan dalam teror biokimia, seperti antraks, dan sebagainya.

Jadi, bila Anda merasakan suatu emosi tertentu yang memicu tangisan, Anda tidak perlu menahannya karena manfaat menangis lebih banyak daripada kerugiannya.

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."