Ini Saran Ahli Kecantikan untuk Atasi Mata Bengkak usai Menangis

Ilustrasi mata wanita. Unsplash.com/Alexandra Gorn

kecantikan

Ini Saran Ahli Kecantikan untuk Atasi Mata Bengkak usai Menangis

Rabu, 25 September 2019 15:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Menangis salah satu cara meluapkan emosi yang kadang-kadang dibutuhkan setiap orang. Namun usai menangis kerap meninggalkan jejak di wajah mulai dari mata merah, area di sekitar mata basah hingga mata bengkak. Poin yang terakhir ini yang sering lama teratasinya dan menganggu penampilan.

Tapi tak perlu khawatir dulu, ada sejumlah kiat yang dibagikan oleh sejumlah ahli kecantikan seperti berikut ini. “Suhu dingin mampu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mencegah aliran cairan ke jaringan,” kata Renée Rouleau, ahli kecantikan dan estetik serta pendiri perawatan kulit Renee Rouleau Skin Care di laman Well and Good. “Suhu tersebut bisa mengurangi bengkak dengan cepat.”

Pakar kecantikan yang juga merawat kulit penyanyi Demi Lovato ini menyarankan untuk menggunakan sekantong kacang polong beku atau bahkan sendok beku. "Pakai apapun yang benar-benar beku karena bermanfaat mengempiskan bengkak."

Sementara untuk tampilan wajah bengkak, ia mengatakan untuk memercikkan air es. "Isi wastafel di kamar mandi atau bisa juga dengan baskom kecil dengan air dan es. Lalu percikkan sebanyak 10 kali ke wajah," katanya. "Ini akan membantu menurunkan suhu internal kulit yang meningkat sebagai penyebab kemerahan dan bengkak."

Untuk mencegah mata bengkak saat menangis di malam hari, Rouleau mengatakan agar posisi kepala Anda tetap tinggi saat tidur. "Tidur memakai dua bantal di malam hari bisa mengurangi retensi cairan di pagi hari," jelasnya.

Ilustrasi wanita menangis. shutterstock.com

Kemudian saat mandi di pagi hari, “Air hangat melebarkan (melemaskan dan membuka) pembuluh limfatik untuk membantu membantu pengeluaran cairan, limbah, dan racun yang menumpuk di dalam pembuluh,” tutur Rouleau.

“Saat Anda mencuci wajah di pancuran bisa membantu merangsang cairan berlebih untuk keluar dari area mata. Selain air hangat membantu sirkulasi, posisi vertikal Anda di pancuran juga turut mempengaruhi.

Ketika Anda keluar dari kamar mandi, basuh wajah Anda dengan air yang sangat dingin agar mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi bengkak. Jadi, secara teknis Anda bak membuka keran lalu menutupnya kembali.”

Rouleau juga merekomendasikan untuk menyimpan masker gel di dalam lemari penyimpanan kamar mandi. “Gel secara alami mempertahankan suhu yang lebih dingin, sehingga bisa mengurangi kemerahan dan mendinginkan kulit yang panas,” jelasnya.

Di sisi lain, penata rias Jenna Menard yang berbasis di New York, Amerika Serikat, mengatakan bahwa pemakaian eyeliner warna nude di garis mata bisa mengurangi bekas Anda menangis.

“Ketika menangis, tidak hanya mengacaukan makeup, tetapi juga meninggalkan kemerahan pada wajah. Aplikasikan eyeliner warna nude di bagian bawah mata untuk mengurangi tampilan sedih,” tuturnya.

Kemudian untuk sedikit mengalihkan perhatian, ia merekomendasikan memulas lipstik atau perona pipi berwarna cerah. Kuncinya menerapkan sapuan warna yang ringan dan tipis. “Poleskan sedikit warna di pipimu untuk penyemangat," tambahnya.

Jika Anda tahu bakal menangis, misalnya menghadiri pemakaman keluarga, ia merekomendasikan untuk menggunakan riasan tahan air, terutama maskara dan foundation. Lalu, air mata yang membasahi pipi Anda cukup ditepuk-tepuk saja, jangan digosok atau ditarik saat mengelapnya. Sebab kedua cara itu bisa ikut mengangkat riasan.