Bukan Ubi, Berikut 4 Makanan Pemicu Kentut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keju. Shutterstock

Ilustrasi keju. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kentut atau buang angin merupakan tanda pencernaan yang sehat menurut para ahli. Jumlah gas dalam usus yang terlalu banyak dan dikeluarkan dalam bentuk karbon dioksida yang tidak berbau. Satu persen di antaranya hidrogen sulfida, yang dihasilkan oleh makanan dengan kandungan belerang. 

Gas yang dikeluarkan berasal dari udara yang kita hirup dan sebagian gas yang masuk ke usus dari darah. Gas yang keluar harus menjadi perhatian serius bila disebabkan reaksi kimia atau bakteri dalam usus.

Umumnya, kentut bisa terjadi di pagi hari setelah bangun tidur. Atau saat mau buang air besar ataupun masuk angin. Namun tidak demikian jika Anda melakukannya secara berulang-ulang dan hampir setiap saat. Bisa jadi Anda mengonsumsi terlalu berlebihan jenis makanan tertentu yang dipercaya bisa menyebabkan kentut.

Melansir laman Web MD dan Medical News Today berikut empat makanan pemicu kentut.

1. Produk susu
Susu, keju dan yogurt juga terbukti bisa menyebabkan produksi gas yang berlebih. Hal ini disebabkan oleh kandungan laktosa pada produk susu. Menurut studi pada tahun 2013, sebanyak 75 persen orang mengalami masalah untuk mencerna laktosa. Akibatnya, kembung dan banyak gas dengan bau busuk pun bakal diproduksi.

2. Bawang
Bawang merah, putih ataupun bombay, semuanya bisa menyebabkan Anda sering buang angin. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang mengonsumsinya secara mentah maupun telah dimasak. Menurut beberapa penelitian, bawang mengandung fruktosa yang bisa menyebabkan kerusakan pada pencernaan. Akibatnya, ia akan memproduksi banyak gas dan buruknya, menciptakan bau tak sedap pula.

3. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan lentil dipercaya bisa menjadi penyebab utama buang angin. Hal ini disebabkan oleh serat dan kandungan gula kompleks, yakni raffinose dalam jumlah tinggi. Merujuk studi pada tahun 2011 diungkapkan bahwa kedua kandungan ini sangat berhubungan langsung dengan meningkatnya gas di perut Anda.

4. Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh seperti gandum juga disebut sebagai penyebab lain dari kentut yang berlebihan. Sebabnya kandungan tinggi protein yang disebut gluten pada gandum. Beberapa orang yang memiliki sensitivitas tinggi pada gluten pun akan mengalami reaksi gas berlebih dan kembung setelah menyantapnya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | YAYUK WIDIYARTI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."