Kurangi Efek Radiasi Komputer dengan Kacamata dan 3 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bermata cokelat. Pixabay.com

Ilustrasi wanita bermata cokelat. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di era serba teknologi, kehidupan kita tak bisa lepas ataupun dikelilingi gawai pintar ataupun komputer. Namun sayangnya, keduanya itu bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mata. Salah satunya dampak paparan radiasi yang terlalu lama sehingga menyebabkan mata merah, kering, berair, hingga buram.

Untuk mengatasi masalah tersebut sejumlah hal ini bisa dilakukan melansir laman Lifehacker dan Dr Axe.

1. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan
Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan adalah cara mudah lainnya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak radiasi. Contohnya saja apel, pir, pepaya, asparagus, kacang kenari dan kacang almond yang dapat mengikat sumber radikal bebas penyebab masalah kesehatan. Termasuk di dalamnya penyakit mata juga bisa dilawan oleh kandungan antioksidan yang tinggi di dalam tubuh.

2. Menggunakan kacamata anti radiasi
Banyak penelitian yang sudah membuktikan keefektifan penggunaan kacamata anti radiasi. Pelapis anti-reflektif (AR) di dalamnya bisa mengurangi silau dari pantulan layar dan sumber cahaya, sehingga mencegah kerusakan kesehatan mata.

3. Menerapkan imbauan 20-20-20
Para ahli kesehatan mata sepakat untuk mengimbau masyarakat dalam menerapkan 20-20-20. Anda hanya diperbolehkan untuk melihat layar alat elektronik selama dua puluh menit. Setelahnya, Anda akan diminta untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dan melihat benda di sekitar yang jaraknya 20 kaki atau setara dengan enam meter. Trik ini terbukti ampuh untuk menyehatkan mata dari paparan radiasi.

4. Menanam tumbuhan penyerap radiasi
Percaya atau tidak, namun tanaman penyerap radiasi sangat efektif bila diletakkan pada ruangan tempat alat elektronik sering digunakan. Contohnya kamar tidur yang dilengkapi dengan perangkat komputer, cobalah menanam aloe vera, kaktus, batu bunga teratai dan lidah mertua adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Beragam tumbuhan itu dapat mengikat radiasi sekaligus menyegarkan udara yang buruk di ruangan.
 
 
 
SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."