Benarkah Kepribadian Bisa Tergambar dari Warna Favorit Anda?

Reporter: Tempo.co
Editor: Silvy Riana Putri
Senin, 9 September 2019 14:20 WIB
Benarkah Kepribadian Bisa Tergambar dari Warna Favorit Anda?

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa di antara kita yang suka memakai warna baju yang itu-itu saja? Atau coba cek warna busana apa yang paling banyak mengisi lemari Anda. Ternyata pilihan warna tersebut bisa menggambarkan kepribadian kita. Penasaran apa makna dari warna merah atau hitam Anda? Mari kita kulik bersama makna di balik sejumlah warna.  

Melansir laman Bustle dan Psychology Today, berikut ini makna di balik sejumlah warna.

1. Hijau
Meskipun berpikir bahwa orang yang mencintai warna hijau berarti mencintai alam, menurut psikologi warna, mereka justru sangat ingin merasa aman baik dalam keuangan maupun hubungan percintaan. Bagi orang tersebut, bagaimana mereka dipandang oleh orang lain adalah hal yang utama sehingga mereka akan berusaha keras untuk dilihat sebagai orang yang sukses, kaya, dan dibutuhkan dalam lingkaran sosial.

2. Biru
Apabila menyukai warna biru, Anda adalah orang dengan kepribadian yang santai dan tenang. Layaknya warna lautan, Anda bisa disimpulkan mudah menemukan kedamaian dan ketenangan di berbagai tempat. Orang yang suka warna biru juga dikatakan mudah bergaul, dapat diandalkan, dan menyenangkan.

3. Merah
Banyak orang yang berpikir bahwa merah menunjukan sisi garang atau suka menebar amarah. Namun, ternyata sebuah penelitian menunjukan bahwa warna merah lebih mengarah pada kepribadian yang seksi sehingga orang-orang yang menyukai warna ini cenderung ekstrovert dan cukup percaya diri untuk menarik lawan jenis.

4. Merah muda
Orang-orang yang suka dengan warna merah muda sering dikaitkan dengan kepribadian yang kekanak-kanakan. Mereka haus perhatian dan jauh dari kata dewasa. Tak heran, banyak psikolog yang menyarankan untuk menjadikan pasangan dengan warna favorit merah muda sebagai pacar karena sifat tersebut.

5. Oranye
Mereka yang memilih oranye sebagai warna favorit cenderung bersifat ramah, mudah bergaul, dan senang menjadi pusat perhatian. Tak heran, mereka adalah orang-orang yang sangat populer di kalangannya. Namun, jangan mengajaknya untuk berhubungan dengan serius karena menurut Faber Birren, yang mempelajari tentang warna, mereka sangat tidak tertarik untuk menikah.

Abu-abu
Abu-abu adalah warna yang didapat dari perpaduan hitam dan putih sehingga dari perspektif psikologi warna, orang dengan warna favorit ini adalah mereka yang sulit mengambil keputusan dan tidak siap untuk berkomitmen. Mereka juga tidak suka menjadi yang paling menonjol dalam grup dan membosankan.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA