Akibat Diet Vegan, Sonam Kapoor Alami Defisiensi Yodium

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aktris India Sonam Kapoor. Instagram/@sonamkapoor/@thehouseofpixel

Aktris India Sonam Kapoor. Instagram/@sonamkapoor/@thehouseofpixel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah selebriti sudah menerapkan beragam bentuk gaya hidup sehat dalam kesehariannya. Salah satu contohnya adalah aktris Bollywood Sonam Kapoor  yang diketahui telah menjalani gaya hidup vegan selama lebih dari dua tahun. Ia hanya mengonsumsi bahan makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan. Namun belum lama ini, perempuan berusia 34 tahun itu menyadari bahwa ia mengidap defisiensi iodine atau kekurangan yodium.

Setelah menyadari ada gangguan pada kesehatannya, ia kemudian menyampaikan pesan kepada 21,1 juta pengikutnya lewat unggahan di Instagram Story baru-baru ini. "Perhatian untuk semua vegetarian dan vegan di luar sana. Pastikan Anda menggunakan garam dengan yodium di dalamnya," tulis Kapoor seperti dilansir dari laman News18. "Saya baru tahu bahwa saya kekurangan yodium dan garam dapur adalah cara termudah untuk mendapatkan yodium."

Yodium (iodine) merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi hormon tiroid yang dapat membantu pertumbuhan, memperbaiki sel-sel yang rusak, serta membantu mendukung metabolisme tubuh. Kurangnya yodium dalam makanan dapat menyebabkan gondongan, masalah kehamilan, rambut rontok, hingga penambahan berat badan.

Para vegan dan vegetarian termasuk orang-orang yang berisiko tinggi kekurangan yodium karena hanya mengonsumsi bahan makanan nabati. Selain itu, orang-orang yang memiliki risiko tinggi terkena kekurangan yodium lainnya ialah perempuan hamil, orang-orang yang tidak menggunakan garam beryodium, serta orang-orang yang tinggal di daerah yang tanahnya memiliki sedikit kandungan yodium (misalnya daerah Asia Tenggara, New Zealand, serta Eropa).

Ada tiga cara mendapatkan lebih banyak yodium dalam makanan Anda.

1. Ngemil rumput laut
Rumput laut, makanan ringan yang populer di Jepang, ternyata kaya dengan yodium. Satu porsi gram rumput laut dapat mengandung antara 16 hingga 2.984 mikrogram yodium. Oleh karena itu, makanan ini merupakan cara yang baik untuk menambah kadar yodium dalam makanan sehari-hari Anda.

2. Bumbui dengan garam dapur beryodium
Seperti yang dikatakan Sonam Kapoor dalam pesannya, menambahkan garam dapur ke dalam makanan menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan kandungan yodium dalam tubuh Anda. Seperempat sendok teh garam dapur beryodium menyediakan sekitar 95 mikrogram yodium. Perlu diingat bahwa mengonsumsi garam berlebihan juga berdampak negatif untuk tubuh Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi yodium dari sumber lainnya.

3. Konsumsi lebih banyak makanan laut
Makanan laut merupakan bahan makanan yang kaya dengan yodium dan dilengkapi sejumlah gizi lainnya. Sebanyak 85 gram ikan cod diketahui mengandung sekitar 99 mikrogram yodium. Sedangkan, udang dengan jumlah udang yang sama diketahui mengandung sekitar 30 mikrogram yodium. Ikan tuna, ikan bass, dan haddock juga merupakan ikan yang kaya yodium.

4. Makanan Lainnya
Makanan lainnya yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kandungan yodium dalam tubuh ialah produk-produk olahan susu, roti fortifikasi, serta telur. Untuk para vegan dan vegetarian bisa mengonsumsi buah cranberry, buah plum, kacang-kacangan, roti fortifikasi, dan telur.

GALUH PUTRI RIYANTO | SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."