Amankah Anak-anak Menjalani Diet Keto? Ini Kata Peneliti

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi diet keto (pixabay.com)

Ilustrasi diet keto (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam jenis diet yang diminati banyak orang, salah satunya adalah diet ketogenik atau biasa disebut diet keto. Yaitu diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Ketika menjalani diet ini, Anda hanya akan dibatasi untuk mengonsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan lemak. Selain demi menurunkan berat badan, diet ini mulai diperkenalkan pada anak dengan sejumlah kondisi khusus, seperti epilepsi dan kanker otak.

Menurut sebuah studi, para peneliti menemukan, diet keto dapat membantu anak-anak mengurangi frekuensi kejang hingga 50 persen. Lantas, apakah diet ini aman sepenuhnya untuk anak dan remaja? Para ahli kesehatan seperti dilansir laman Medical Daily mengatakan diet ini bisa untuk anak, namun ada masalah yang bisa terjadi.

Meski begitu, para ilmuwan belum menentukan efek jangka panjang diet keto pada anak-anak. Penting juga untuk mengetahui, makanan biasanya diberikan kepada anak-anak di bawah pengawasan dokter, perawat terdaftar, atau ahli gizi.

Selain itu, dokter memerlukan konsultasi untuk mengetahui kebutuhan gizi anak-anak sebelum memulai diet baru. Hal ini untuk menghindari dampak negatif pada kesehatan dan pertumbuhan mereka di kemudian hari.

Jika diberikan secara tidak tepat, diet keto dapat menyebabkan defisiensi vitamin dan mineral, gangguan pertumbuhan, ketidakseimbangan elektrolit, kadar kolesterol darah tinggi, gula darah rendah dan masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan sembelit, menurut laman Healthline.

Diet keto diketahui membatasi banyak makanan. Tetapi pendekatan semacam itu mungkin tidak bekerja dengan baik pada anak-anak karena tubuh mereka masih tumbuh dan berkembang. Mereka membutuhkan gizi yang memadai, dan diet ketat, seperti keto, dapat mempengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan. Pada anak-anak, diet ini dapat mengembangkan perilaku tidak sehat, seperti gangguan makan.

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."