Masih Terpincut Memori Gebetan, Ini 5 Tanda Harus Melupakannya

Reporter: Tempo.co
Editor: Silvy Riana Putri
Senin, 2 September 2019 22:30 WIB
Masih Terpincut Memori Gebetan, Ini 5 Tanda Harus Melupakannya

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa di antara Anda yang masih menyimpan memori tentang gebetan? Kadangkala melupakan pria yang Anda sukai tanpa disadari maupun direspons yang biasa disebut gebetan lebih menantang daripada menghapus memori mantan pacar. Apa sebabnya?

Gebetan sosoknya nyata dan terlihat sempurna sesuai gambaran pria dambaan di kepala, tetapi Anda tidak benar-benar menjalin hubungan dengannya. Celah inilah yang membuat Anda terlena dengan berandai-andai.

Beda dengan mantan pacar, seseorang yang kelemahannya telah Anda lihat dan rasakan. Anda juga mungkin berkelahi dengan seorang mantan, menyadari Anda menginginkan hal-hal yang berbeda dalam hidup, atau sesuatu dapat memicu kesadaran bahwa Anda tidak kompatibel. 

Perbedaan itulah yang membuat tantangan melupakan gebetan cukup menyulitkan. Tetapi Anda harus sadar pula untuk segera move on dari gebetan. Titik di mana Anda "seharusnya" melupakan gebetan lebih jarang dibahas dibandingkan mantan.

Pakar hubungan Susan Winter memaparkan tanda-tanda Anda harus melupakan pria yang Anda sukai seperti dilansir dari laman Elite Daily.

1. Dia hanya menggoda Anda
Anda kerap menghabiskan waktu bersamanya, saling mengirim pesan dan datang ke pesta bersama. Ini rupanya situasi yang cukup standar. "Kalian berdua menggoda, dan menggoda, tapi hanya itu. Hal itu tidak di dunia nyata,” jelas Winter.

“Tidak peduli seberapa jelas kamu memberikan lampu hijau untuk melanjutkan, mereka tidak mengambil tindakan ke depan. Bahkan ketika Anda menyarankan rencana untuk bertemu satu sama lain, mereka tidak menanggapi atau membalas. "

2. Mereka nyaris tidak mengakui keberadaan Anda.
Anda sudah terlanjur cinta dengan orang yang Anda taksir, bahkan tidak sepenuhnya yakin apakah mereka tahu nama Anda. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba untuk mendapatkan perhatian mereka, mereka sepertinya memperhatikan.

“Jika mereka tidak menerima salah satu dari isyarat Anda atau mereka tampak tidak menyadari kehadiran Anda," ucap Winter. "Itu adalah tanda yang jelas bahwa Anda tidak ada dalam radar mereka. Entah mereka punya pasangan atau mereka tidak menyukaimu. Meskipun sulit diterima, yang terbaik adalah move on.”

 

Ilustrasi pasangan. Shutterstock

3. Dia sudah punya pacar
Bahkan jika ini adalah situasi seperti dalam lagu Taylor Swift yang berjudul "You Belong With Me", di mana Anda tahu mereka seharusnya bersama Anda dan bukan pasangan mereka saat ini, Winter menyarankan untuk memisahkan diri dari drama dan mulai menemukan orang lain yang masih single.

"Ini adalah tanda yang jelas bahwa Anda harus move on," paparnya. "Apa pun daya tarik mentalnya, mengejar individu ini akan terbukti mengacaukan semua yang terlibat."

4. Dia mengganggu hubungan nyata 
Siapa pun yang punya gebetan bisa membuktikan fakta bahwa, sebagian besar, hubungan Anda dengan dia hanya ada di kepala Anda. Dan itu baik-baik saja, sampai fantasi Anda tentang orang ini mulai mengganggu hubungan nyata Anda.

“'Naksir' adalah anak tangga terendah dalam skala hubungan. Ini lebih merupakan gangguan mental daripada apa pun yang nyata, ”jelas Winter. "Kita 'membayangkan' romansa luar biasa dengan orang ini. Namun, kita tidak cukup tahu tentang mereka untuk mengetahui apakah itu kenyataan. Sebagian besar intrik ada di kepala kita. Tetap pada apa yang nyata dan apa yang dibayangkan akan membantu menentukan apakah gebetan adalah pilihan yang layak, atau hanya lamunan yang indah. 

Jika Anda merasa Anda mulai kehilangan pegangan pada kenyataan, dan fantasi tentang orang yang Anda sukai mulai mengganggu hubungan kehidupan nyata Anda, Winter mengatakan, inilah saatnya untuk membebaskan diri.

5. Anda menjadi terobsesi.
Siapa yang tidak sadar bahwa mereka kehilangan beberapa menit dalam sehari memikirkan gebetan? Itu wajar, tetapi jika Anda merasa terus bertanya-tanya tentang ia sedikit lebih dari biasanya, saatnya untuk mulai melupakannya. "Jika Anda terobsesi dengan pria yang Anda taksir, inilah saatnya untuk keluar dari fantasi," ungkap Winter.

"Apakah kamu bosan saat teman-temanmu menceritakan setiap hal yang gebetan lakukan atau katakan? Apakah Anda terus memutar ulang interaksi Anda? Apakah Anda sudah merencanakan masa depan  bersama? Apakah emosi Anda berjalan tinggi dan rendah sesuai dengan perhatian orang yang Anda suka atau kurang dari itu? "Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaannya, Winter mengatakan" Anda terobsesi dan perlu melangkah maju."

Berusaha melupakan gebetan atau pria yang Anda taksir sering kali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Temukan seseorang yang setara dengan Anda, karena Anda layak mendapatkan cinta yang diberikan.

YUNIA PRATIWI