Kiat Merawat Perhiasan Emas ala Hans Virgo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Calon pembeli mengamati perhiasan liontin emas yang dijual secara dilelang di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, 6 Oktober 2017. Tempo/Tony Hartawan

Calon pembeli mengamati perhiasan liontin emas yang dijual secara dilelang di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, 6 Oktober 2017. Tempo/Tony Hartawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Agar perhiasan emas selalu tampil kinclong tentu membutuhkan kiat-kiat khusus. Mulai dari cara pemakaian, penyimpanan hingga membersihkannya. Perancang perhiasan Hans Virgoro pun membagikan kiat menjaga kemilau perhiasan emas. 

Hans Virgoro dikenal pertama kali sebagai perancang perhiasan untuk kalangan selebriti. Klien selebriti pertamanya adalah penyanyi Krisdayanti yang saat itu akan konser di Malaysia. Kariernya makin moncer. Rancangannya kini banyak dikenakan selebriti Tanah Air, termasuk Iis Dahlia, Yuni Shara, hingga Jessica Iskandar alias Jedar.

Menurut Hans, hal pertama yang harus diperhatikan adalah cara mengenakan perhiasan. Perlu diketahui, beberapa produk kosmetik seperti pelembap dan parfum, dapat membuat perhiasan terutama emas cepat kusam. Jadi, ia menyarankan agar jangan pernah menggunakan perhiasan ketika akan mengenakan pelembap atau parfum.

“Kalau memakai perhiasan, biasakan setelah menggunakan body lotion atau parfum. Sebab, kalau pakai perhiasan dulu biasanya bikin warnanya cepat pudar,” kata Hans di peluncuran koleksi perhiasan emas Hartadinata “Metamorfosa” rancangannya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Adapun untuk penyimpanan, ia mengatakan tidak memerlukan tips khusus. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah saat membersihkannya. Perhiasan mesti dibersihkan secara berkala. Tak perlu ke toko emas atau penjual perhiasan, membersihkannya bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana, bisa ditemukan di rumah, yaitu deterjen, air, panci, dan sikat. “Gunakan deterjen, campur dengan air mendidih. Lalu celupkan perhiasan dan aduk-aduk sebentar, kemudian disikat. Setelah itu perhiasan akan kinclong kembali,” Hans menjelaskan.

Dia mengungkapkan cara itu bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas atau berlian. “Saya sering menggunakan cara itu jika dibutuhkan cepat. Jadi tidak perlu ke toko emas lagi,” tandas Hans.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."