5 Sebab Anda Tidak Bisa Menolak Cabut Gigi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sakit gigi. Shutterstock

Ilustrasi sakit gigi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaGigi memiliki beragam fungsi untuk tubuh salah satunya berperan dalam tahap awal pencernaan makanan, yaitu saat mengunyah. Oleh karena itu, saat Anda mengalami sakit gigi harus segera diatasi dengan sejumlah perawatan gigi. Namun apabila kondisi kerusakan tersebut tidak bisa lagi ditangani dengan perawatan gigi, maka cabut gigi menjadi pilihan terakhirnya.

Sebelum cabut gigi, akan ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan. Apabila hasil pemeriksaan tersebut baik, maka Anda boleh menjalani pencabutan gigi. Berikut ini kondisi yang membuat seseorang perlu menjalani tindakan cabut gigi.

1. Gigi berlubang dan sarafnya sudah mati

Gigi berlubang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika tidak segera dirawat, maka infeksi akan terus meluas hingga ke lapisan gigi yang paling dalam, yaitu saraf. Infeksi bakteri di saraf gigi dapat menyebabkan kematian saraf gigi.

Jika kerusakan yang terjadi di gigi tersebut sudah sangat parah dan gigi tidak lagi bisa dirawat dengan perawatan saluran akar, maka cabut gigi adalah pilihan terakhir yang bisa dilakukan.

2. Ada risiko infeksi

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang sangat rentan terkena infeksi. Misalnya, saat sedang menjalani kemoterapi atau setelah transplantasi organ. Sehingga, untuk menghindari risiko infeksi dari gigi yang berlubang, pencabutan dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran infeksi.

3. Penyakit gusi yang sudah parah

Radang jaringan pendukung gigi atau periodontitis, dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan di sekitar gigi serta tulang penunjangnya. Kondisi ini bisa menyebabkan gigi menjadi goyang, sehingga tidak dapat berfungsi dengan optimal. Jika sudah begitu, maka cabut gigi dapat menjadi solusi yang tepat.

4. Susunan gigi berantakan

Susunan gigi yang berantakan, salah satunya disebabkan oleh keterbatasan ruang dalam rahang, untuk menampung semua gigi. Sehingga tidak jarang, dokter gigi akan merekomendasikan pencabutan gigi sebagai pendamping perawatan kawat gigi. Pencabutan ini bertujuan agar rahang memiliki cukup ruang untuk bergeser, saat dipasangi kawat nantinya.

5. Kondisi lainnya

Selain keempat alasan di atas, cabut gigi juga bisa menjadi pilihan perawatan pada kondisi:

  • Gigi patah hingga ke akar dan sarafnya mati akibat benturan atau trauma.
  • Gigi supernumerari atau kondisi jumlah gigi yang melebihi kondisi normal.
  • Kesulitan ekonomi tidak untuk menjangkau perawatan lainnya.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."