Tips Perawatan Kulit, Membuat Toner dari Bahan Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi membuat toner dari bahan alami. Pixabay.com

Ilustrasi membuat toner dari bahan alami. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaToner memiliki banyak manfaat dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Mulai dari menyelesaikan proses pembersihan dengan menghapus kelebihan debu dan polusi, menghilangkan kelebihan pembersih yang tidak cukup membersihkan yang dapat menyebabkan iritasi, serta menyeimbangkan produksi minyak. 

Baca juga: Rutinitas Perawatan Kecantikan Wanita Korea yang Bisa Ditiru

Toner biasanya terdiri dari cairan berbasis air yang berasal dari tanaman dan minyak esensial yang disesuaikan dengan jenis kulit. Manfaatnya juga untuk memberikan kelembaban, membersihkan dan bahkan dapat membantu untuk menyeimbangkan warna kulit Anda.

Jika tidak cocok dengan beberapa toner yang tersedia di pasaran, yang justru bisa membuat wajah jadi lebih kering atau kadang membuat kulit menjadi kusam, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, Anda juga mengetahui persis bahan-bahan apa yang digunakan, sperti beberapa toner berikut ini yang dilansir dari laman Youqueen. 

#1. Sari cuka apel
Bagian terbaik tentang toner ini adalah sangat mudah digunakan dan paket yang paling manfaat. Anda harus menggunakan cuka sari apel organik yang mengandung vitamin dan mineral untuk kulit. Selain itu juga dapat menarik racun keluar dan mengurangi kelebihan minyak yang menyumbat pori-pori Anda. Kulit Anda akan terlihat bersinar. Cara membuatnya: Semua yang Anda perlukan adalah 2 sendok makan cuka sari apel dan 2-4 sendok makan air. Toner ini bisa membuat kulit kering jika terlalu banyak cuka.  Pakai dengan kapas setelah pembersihan, lalu ikuti dengan pelembab. Paling cocok untuk kulit berminyak dan kulit normal di cuaca lembab.

#2. Gliserin sayuran dan air mawar
Air mawar dikenal karena lembut, melembabkan dan menenangkan untuk kulit Anda. Manfaat lain untuk menyingkirkan kelebihan kotoran dan minyak pada kulit Anda. Gliserin sangat melembabkan, mengurangi produksi minyak berlebih, antibakteri, dapat melawan jerawat dan membuat kulit bercahaya. Cara membuatnya: Campurkan 4 sendok makan air mawar dengan 1 sendok teh gliserin sayuran dalam sebuah wadah. Kocok sampai tercampur.

Mulai dengan perbandingan ini, kemudian tambahkan air mawar atau gliserin tergantung pada bagaimana kulit Anda bereaksi. Lalu, oleskan dengan kapas setelah pembersihan dan ikuti dengan pelembab. Sedikit gliserin diperlukan dalam iklim lembab dan lebih akan bermanfaat di daerah dingin. Hati-hati menggunakan gliserin dalam iklim dengan kelembaban di bawah 50 persen karena dapat menyebabkan gliserin menarik kelembaban kulit. Toner ini cocok untuk: kulit kering, sensitif, normal.

#3. Teh hijau
Teh hijau pada dasarnya adalah makanan super yang dapat digunakan untuk berbagai macam, salah satunya toner. Kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas pada kulit, serta memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan produksi minyak kulit. Cara membuatnya: Cukup didihkan 1 cangkir air dan tambahkan 1 kantong teh hijau di dalamnya selama 3-5 menit. Buang kantong teh dan biarkan dingin sebelum memindahkannya ke wadah untuk digunakan. Lalu oleskan pada wajah setelah pembersihan dan ikuti dengan pelembab. Cocok untuk semua jenis kulit, terutama selama musim panas karena membuat kulit bercahaya.

#4. Air lemon
Lemon memiliki banyak kandungan yang dapat bermanfaat untuk kulit Anda ketika digunakan dan disiapkan dengan benar. Memiliki vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen, antioksidan yang melawan radikal bebas dan bahkan mengurangi minyak. Cara membuatnya: Yang Anda perlukan adalah 1 sendok makan air perasan lemon segar dengan satu cangkir air dan simpan di tempat yang dingin. Gunakan dengan kapas setelah pembersihan, dan ikuti dengan pelembab. Toner ini seharusnya hanya digunakan pada malam hari, jika digunakan siang hari bisa menyebabkan kulit terbakar dan pengeringan berlebihan. Cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi.

#5. Vitamin C dan air mawar
Air mawar sangat banyak manfaatnya. Kali ini kombinasi dengan bubuk vitamin C untuk menghasilkan toner anti-penuaan. Vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen, mengangkat wajah, juga meningkatkan pergantian sel untuk memberikan cahaya yang sehat, dan melawan penyakit penyebab jerawat. Cara membuatnya: Siapkan bubuk vitamin C bubuk sering disebut asam L-asorbic. Campurkan 1 sendok teh bubuk vitamin C dengan 3 sendok makan air mawar. Anda harus mencampurnya bersama-sama untuk beberapa waktu sebelum bubuk benar-benar larut.

Kemudian, pindahkan ke botol kaca gelap dan simpan di tempat yang gelap, dingin. Vitamin C dapat mulai untuk mengoksidasi relatif cepat, jadi perbaharui seminggu sekali untuk memastikan efektivitasnya. Campuran bubuk vitamin C melebihi dosis, dapat menyebabkan pengeringan kulit yang berlebihan. Cocok digunakan untuk kulit bejerawat, berminyak dna kombinasi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."