Hindari 5 Kesalahan Berikut Saat Memakai Maskara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi maskara/bulu mata. Shutterstock.com

Ilustrasi maskara/bulu mata. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Riasan mata sama pentingnya dengan makeup di area lain pada wajah, mulai alis, eyeshadow, eyeliner, hingga melentikkan serta menebalkan bulu mata. Untuk mempercantik penampilan bulu mata dibutuhkan pemakaian produk maskara yang tepat.

Misalnya, hindari menggunakan satu maskara yang sama dalam jangka waktu yang panjang. Sebaiknya ganti maskara setiap enam bulan sekali sebab produk makeup yang tidak diganti dalam waktu lama rentan bakteri yang bisa menjadi infeksi saat pemakaian.

Artikel terkait:

Tips Makeup Mempertegas Mata tanpa Gunakan Eyeliner

Perhatikan pula masa kadaluarsa maskara yang ada di meja rias atau tas makeup. Jangan pula berbagi maskara dengan teman atau sahabat sebab bisa memudahkan perpindahan kuman sehingga menyebabkan infeksi mata.

Selain jeli dengan kondisi produk maskara, ada beberapa kesalahan saat memakai maskara yang tidak disadari. Melansir laman Boldsky, berikut lima kesalahan yang kerap dilakukan saat memakai maskara.

Ilustrasi menggunakan maskara. Shutterstock

#Menjepit bulu mata setelah memakai mascara
Siapa di antara kamu yang melentikkan bulu mata setelah memakai maskara? Kalau kamu termasuk di dalamnya, yuk ganti mulai saat ini sebab cara tersebut bisa merontokkan bulu mata dan tidak bermanfaat melentikkan bulu mata. Jadi, terlebih dulu melentikkan bulu mata, baru mengoleskan maskara.

#Melewatkan concealer pada kelopak mata
Maskara bisa menyebabkan noda saat pemakaiannya. Oleh karena itu, disarankan untuk melapisi kelopak mata dengan concealer sebelum memakai mascara agar tidak menganggu riasan mata lain dan mudah dibersihkan bila terjadi kesalahan.

#Terlalu sering memompa mascara
Bila kamu terlalu sering memompa maskara akan membuat maskara lebih cepat kering dan mudah menggumpal sebab terlalu banyak udara yang masuk ke dalam tabung saat dipompa terlalu sering. Lebih baik pompa maskara saat kuas masih berada di dalam kemasan.

#Mengaplikasikan maskara ke arah atas
Kita sering mengarahkan maskara melebihi tinggi bulu mata untuk menciptakan kesan lentik. Ternyata cara itu tidak berpengaruh karena fungsi melentikkan bulu mata dilakukan oleh penjepit bulu mata. Jadi, pakai maskara tanpa menarik ke atas bulu mata. Cukup aplikasikan secara zig zag dari satu ke sisi lain untuk mendapatkan ketebalan warna yang sama.

#Memakai maskara untuk akar bulu mata
Untuk mencapai akar bulu mata tidak bisa dengan kuas yang ada di maskara. Sebaiknya gunakan kuas lain yang lebih pipih dan kecil untuk akar bulu mata. Tujuannya untuk mewarnai akar bulu mata lebih sempurna dan mencegah risiko noda berantakan di area terkecil tersebut.

Baca juga:

Tren Makeup Maskara dan Eyeliner Biru buat Perempuan Indonesia

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."