Ciri Umum Orang Introvert, Sering Terlihat Bengong dan Menyendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita menyendiri. Unsplash.com/Toa Heftiba

Ilustrasi wanita menyendiri. Unsplash.com/Toa Heftiba

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Secara garis besar, kepribadian manusia ada dua jenis, yaitu introvert dan ekstrovert. Selama ini orang yang memiliki kepribadian ekstrovert selalu lebih pendiam, dibandingkan dengan orang ekstrovert. Padahal, hal tersebut belum tentu tepat.

Baik seorang introvert maupun extrovert, tidak ada yang benar-benar 100 persen memiliki salah satu kepribadian tersebut. Bahkan, beberapa orang ada yang teridentifikasi diantaranya keduanya, yaitu menjadi introvert maupun ekstrovert tergantung pada situasinya, sehingga masuk ke dalam kepribadian ambivert.

Introvert adalah tipe kepribadian yang orang-orangnya memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya. Memang orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri (introspektif). Namun perlu diingat, kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial.

Berikut ini ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian introvert.

1. Merasa berkumpul dengan banyak orang menguras energi
Apakah Anda pernah merasa lelah sehabis berkumpul dengan banyak orang? Atau Anda pernah merasa perlu menyendiri untuk mengembalikan energi? Kedua hal tersebut sangat khas untuk kepribadian introvert. Orang-orang yang introvert, akan mengeluarkan energinya saat berkumpul dengan banyak orang, sehingga setelah selesai, mereka akan merasa kelelahan. 

Meski begitu, bukan berarti orang introvert tidak dapat berinteraksi atau menghindari suatu acara dengan orang lain. Hanya saja, mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat, dibandingkan bertemu dengan orang baru.

2. Senang dengan kesendirian
Berada sendiri di rumah adalah suatu kesenangan untuk orang introvert. Waktu menyendiri yang dihabiskan oleh seorang introvert, sangatlah penting untuk mengembalikan energi, kesehatan, dan kebahagiaannya.

Ilustrasi gadis introvert. Shutterstock

3. Lingkaran pertemanan dekatnya tidak terlalu besar
Salah satu kesalahpahaman yang dipercaya banyak orang adalah, orang introvert dianggap tidak suka dengan orang lain. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang introvert hanya lebih suka berkumpul dengan orang-orang terdekat, dibandingkan dengan banyak orang.

4. Sering dianggap pendiam oleh orang lain
Orang-orang yang introvert seringkali dikira memiliki sifat pendiam. Meski sebagain memang ada yang bersifat seperti itu, namun sebagian lainnya lebih bersikap memilih untuk menyaring kata-kata yang keluar, untuk kepentingan tertentu. Mereka juga tidak ingin menghabiskan energi dengan berbasa-basi untuk sesuatu yang kurang penting.

5. Terlalu banyak stimulasi membuat Anda terdistraksi
Saat orang-orang berkepribadian introvert menghabiskan waktunya di lingkungan yang padat dan ramai, mereka cenderung akan kehilangan fokus. Sebaliknya, orang dengan kepribadian extrovert justru akan semakin produktif pada lingkungan semacam ini.

6. Sangat sadar akan perbuatan serta sikap diri sendiri
Karena cenderung lebih senang bermain di pikirannya sendiri, orang introvert kemudian memiliki kesadaran yang lebih mengenai diri sendiri, perbuatannya, serta akibat yang akan timbul dari yang perbuatannya.

Kesadaran diri ini adalah hal yang penting bagi orang-orang yang introvert. Sehingga, mereka akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengenal diri sendiri dengan melakukan hobi, membaca, atau memikirkan tentang kehidupan. 7. Lebih memilih profesi yang menawarkan kebebasan
Profesi yang mengharuskan pekerjanya melakukan banyak interaksi sosial, umumnya tidak terlalu menarik bagi introvert. Orang introvert cenderung memilih profesi yang dapat memberikan mereka kebebasan dalam mengekspresikan idenya, seperit penulis, seniman, atau perancang grafis.

Selanjutnya, lebih senang mempelajari sesuati secara visual

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."