Trik Membersihkan Talenan Plastik Tanpa Pemutih

ragam

Trik Membersihkan Talenan Plastik Tanpa Pemutih

Jumat, 23 Agustus 2019 06:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebih baik talenan kayu atau talenan plastik? Hal itu masih terus diperdebatkan. Ada sejumlah koki profesional yang menyarankan talenan plastik. Tapi tak sedikit pula yang memilih talenan kayu. Namun pasti Anda sepakat tentang pentingnya menjaga kebersihan talenan.

Kali ini kita membahas cara membersihkan dan merawat talenan plastik. Seiring berjalannya waktu, talenan akan mendapatkan kerusakan saaat memotong makanan dan bisa jadi sumber bakteri di didapur, jika jarang dibersihkan.

Berikut ini cara membersihkan talenan plastik seperti dikutip dari  The Kitchn.

1. Taruh talenan plastik di mesin cuci piring (jika memungkinkan)

Salah satu manfaat talenan plastik tidak mudah keropos dan bisa dimasukkan ke dalam mesin cuci piring. Perputaran panas di dalam mesin pencuci piring salah satu cara untuk mendisinfeksi talenan.

2. Cuci dengan campuran air sabun

Spons pencuci piring tidak akan masuk ke lekukan pisau yang ada di setiap talenan plastik. Gunakan sikat untuk menggosokkan larutan air hangat dan sabun ke celah-celah dan mengusir partikel makanan dan bakteri.

3. Pakai disinfektan alternatif

Untuk membasmi bakteri secara manual tanpa menggunakan pemutih, setelah Anda mencuci talenan, coba rendam talenan ke dalam larutan cuka putih atau semprotkan dengan larutan hidrogen peroksida sebanyak 3%. Diamkan talenan selama lima menit, lalu cuci lagi dengan campuran sabun dan air.

4. Gosok noda

Bila perlu, buat campuran dari baking soda, garam, dan air untuk menggosok noda membandel di permukaan talenan