Rutin Bersihkan 9 Barang Ini di Rumah untuk Cegah Kuman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sofa minimalis. Combiboilersleeds.com

Ilustrasi sofa minimalis. Combiboilersleeds.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu rutinitas saat berada di rumah adalah membersihkan ruang dan benda-benda yang ada di rumah. Namun tak bisa dipungkiri ada beberapa benda di rumah yang tidak terlalu diutamakan kebersihannya. Sebaiknya mulai saat ini jangan abaikan kebersihan benda tersebut di rumah. Meskipun terlihat kecil atau jarang digunakan bisa muncul bakteri, kuman, hingga serangga apabila Anda tidak rutin dan menyeluruh saat membersihkan.

Berikut ini adalah panduan seberapa sering harus membersihkan barang di rumah dan cara membersihkan yang efektif, seperti dikutip dari laman Channel News Asia.

1. Penanak nasi: setiap memakainya 
Pastikan mencuci semua komponen dari tempat beras. Cuci bersih tempat berasnya setiap kali memasak nasi.

2. Talenan: setiap memakainya
Bersihkan talenan dari plastik untuk menghilangkan bakteri, gosok dengan sabun di bawah air mengalir. Jika talenan terbuat dari kayu, semprotkan cairan berisi campuran 25 persen cuka dan 75 persen air. Anda juga bisa membuat pasta kental dari air dan garam, gosok ke talenan, diamkan semalaman lalu bersihkan pada pagi hari.

3. Microwave: sepekan sekali 
Partikel-partikel makanan bisa membuat mesin terlalu panas dan berujung pada kerusakan. Panaskan semangkuk air selama lima menit dalam panas tinggi, uapnya akan membuat sisa makanan yang menempel jadi mudah dibersihkan dengan tisu dapur kering.

4. Sofa: setiap dua pekan 
Sedot debu di sofa setiap dua pekan dan balik juga alas duduknya pada saat yang sama. Bersihkan kotoran yang terlihat. Panggil jasa pembersih sofa untuk pembersihan secara menyeluruh setiap setahun sekali.

5. Sikat WC: setiap beberapa kali membersihkan 
Jika memungkinkan, semprot dengan cairan disinfektan, lalu diamkan selama lima menit dan bersihkan dengan air panas, lalu keringkan.

 Steel Coffee Maker

6. Mesin pembuat kopi: sebulan sekali 
Jika tidak dibersihkan rutin, mungkin selama ini meminum kopi dengan bonus banyak bakteri. Bersihkan tadah dan tempat filter kopi atau tempat kapsul kopi dengan campuran cuka air 1:1 demi mencegah pertumbuhan bakteri.

7. Penyedot debu: setiap bulan 
Jika penyedot debu punya filter yang bisa dicuci, cuci dengan air hangat dan keringkan setidaknya 24 jam sebelum memasukkannya lagi ke dalam penyedot.

8. Pendingin udara: setiap bulan 
Copot filter dari bagian depan dan bersihkan dengan air sabun, gosok pelan-pelan, agar udara bisa mengalir lancar.

9. Bantal: setahun sekali 
Cuci bantal dengan mesin dan keringkan sebelum memakainya lagi. Pakai sarung bantal untuk melindunginya dari tungau debu dan air liur.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."